Pengen Punya Penghasilan Dollar? Yuk, Praktikkan 5 Tips Mendapatkan Klien Kerja Freelance dari Luar Negeri Ini

Pengen Punya Penghasilan Dollar? Yuk, Praktikkan 5 Tips Mendapatkan Klien Kerja Freelance dari Luar Negeri Ini

Tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Pada artikel ini akan menyajikan beberapa tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri, sehingga penghasilan yang kamu dapatkan berupa dollar AS.

Fresh graduate dan anak muda secara umum cenderung gandrung dengan penghasilan dalam bentuk dollar.

Tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri ini juga bisa diterapkan bagimu yang kesulitan mendapatkan klien di dalam negeri karena banyaknya persaingan. 

Yuk, simak tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri yang bisa kamu praktikan untuk mengatasi peroalan ini!

BACA JUGA 4 Bekal yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Sebagai Jobseeker, Biar Karier Lebih Cemerlang!

Tingkatkan kemampuan bahasa asing

Tentu saja, akan sulit bagimu untuk mendapatkan klien dari luar negeri jika penguasaanmu terhadap bahasa asing sangatlah minim. Sebab, interaksi dengan klien tidak bisa dihindari, bahkan bisa jadi kamu akan dituntut untuk mengerjakan proyek freelance dalam bahasa Inggris secara keseluruhan.

Maka, tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri pertama yang harus kamu lakukan adalah kemampuan bahasa asingmu, terutama bahasa Inggris. 

Bahkan jika kamu sudah mahir menggunakan bahasa internasional ini, akan lebih baik untuk karier kerja freelance ke depannya jika kamu belajar bahasa lain yang banyak digunakan, seperti Mandari, Jerman, maupun Spanyol.

BACA JUGA Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Fresh Graduate Sebelum Memutuskan Bekerja, Jangan Sampai Salah Jalan!

Siapkan portofolio yang menarik

Orang akan ragu menggunakan jasamu jika mereka tidak mengetahui bagaimana hasil kerjamu, termasuk mereka para calon klien asingmu. Oleh karenanya, dalam tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri, penting bagimu untuk membuat portofolio yang menarik.

Buat calon klienmu kagum dan berpikir bahwa mereka mungkin tidak akan menemukan orang lain yang bisa mengerjakan proyek tertentu sebaik dirimu.

Untuk membangun portofolio yang menarik, kamu bisa memanfaatkan berbagai situs web pembuatan portofolio online gratis. Selain desain yang menarik, kamu juga fokus pada isi dari portofolio tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: