Sasar Warga Sekitar Terminal, Pemkot Pekalongan Gelar Operasi Pasar Murah

Sasar Warga Sekitar Terminal, Pemkot Pekalongan Gelar Operasi Pasar Murah

Operasi pasar- Gelaran operasi pasar murah Pemkot Pekalongan yang berlangsung di sekitar Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Kamis (29/2/2024).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID -  Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) bekerjasama dengan Perum BULOG gelar Operasi Pasar Murah dengan menyasar  masyarakat di sekitar Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Kamis (29/2/2024).

Dalam gelaran operasi pasar murah kali ini, masyarakat disediakan kupon sebanyak 1000 paket terdiri dari 500 paket beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) seberat 5 kg dengan harga tebus Rp51.000 dan 500 paket sembako berisikan beras SPHP 5 kg, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng dengan harga Rp83.000.

BACA JUGA:Keren, Guru-guru IPS di Kabupaten Pemalang Manfaatkan AI untuk Dukung Kompetensi Digital

Plt Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Tjuk Kushindarto melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ani Kusumaningrum mengungkapkan bahwa, Operasi Pasar Murah ini digelar untuk menjaga harga pangan tetap stabil dan menekan inflasi daerah. Disamping itu, kegiatan ini juga bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan harian.

"Saat ini harga sembako seperti beras di pasaran masih tinggi sekitar Rp16.000,00 -Rp17.000,00. Kegiatan ini diharapkan bisa menstabilkan harga pangan dan menekan inflasi agar bahan pangan masih bisa dijangkau masyarakat," ungkap Ani.

BACA JUGA:Launching Gerakan Pangan Murah, Pemkab Pekalongan Gelar Pasar Murah

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa Dinperpa bersama instansi terkait lainnya juga tengah mengkoordinasikan pelaksanaan kembali Operasi Pasar Murah maupun Gerakan Pangan Murah di sejumlah titik wilayah di Kota Pekalongan terutama dalam rangka menjelang Puasa Ramadhan Tahun 2024.

"InshaAllah minggu ini sudah ditentukan lokasi-lokasi mana saja untuk gelaran Pasar Murah maupun Gerakan Pangan Murah lagi untuk membantu masyarakat. Di Terminal Pekalongan juga kemungkinan 2 minggu lagi kembali kami adakan sebelum puasa dan sebelum lebaran. Terkait lokasi-lokasinya masih dirapatkan dengan jajaran Pemkot, BULOG dan instansi terkait lainnya,"bebernya.

BACA JUGA:204 Titik Pedesaan di Kabupaten Pekalongan Dapat Kucuran Banprov Rp 25,4 Miliar

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Pekalongan, Senewan mengungkapkan ucapan terimakasih kepada jajaran Pemkot dan BULOG serta pihak kepolisian yang telah menginisiasi gelaran Operasi Pasar Murah dengan sasaran komunitas pekerja yang beraktivitas dan warga yang tinggal di sekitar Terminal Tipe A Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Terima Penghargaan Baznas RI, Pj Gubernur Jateng: Harus Lebih Memperhatikan Pengentasan Kemiskinan

"Kami bekerjasama dengan Dinperpa dan BULOG untuk pelaksanaan Operasi Pasar Murah ini. Kemarin pada awalnya, kami mendapat 500 paket terdiri dari 300 kantong beras 5kg SPHP seharga Rp51.500, 00 dan 200 paket sembako berisi beras SPHP 5 kg, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir seharga Rp83.000,00," ungkapnya.

Melihat animo masyarakat yang tinggi, pihaknya mengusulkan untuk kembali meminta tambahan kuota sebanyak 500 paket lagi jadi total ada 1000 paket yang dijual disini.

BACA JUGA:RSUD Kesesi Kabupaten Pekalongan Resmi Bisa Terima Pasien BPJS

"Operasi Pasar Murah ini baru pertama kali diadakan di Terminal Tipe A Pekalongan, semoga kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali disini untuk membantu warga mendapatkan bahan pangan dengan harga miring,"harapnya.

Kegiatan pun disambut antusias masyarakat, salah satu warga asal Gamer Kota Pekalongan, Zumaroh mengaku terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. "Harganya lebih murah dibandingkan di pasaran yang lebih mahal. Dan kegiatan seperti ini jelas membantu bagi kami," ungkapnya.(Ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: