Mengenal Watak Anak Laki-Laki Berdasarkan Fungsi Otaknya, Simak Penjelasan dr Aisah Dahlan Berikut Ini

Mengenal Watak Anak Laki-Laki Berdasarkan Fungsi Otaknya, Simak Penjelasan dr Aisah Dahlan Berikut Ini

Watak anak laki-laki berdasarkan fungsi otaknya penjelasan dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Terdapat perbedaan struktur pada bagian otak anak laki-laki dan perempuan. Inilah penyebab mengapa watak anak laki-laki berdasarkan fungsi otaknya yang berbeda dengan anak perempuan.

Dokter Aisah Dahlan selaku praktisi neuroparenting juga sering memberi penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Di antara perbedaan anak laki-laki dan perempuan yang dijelaskan dr Aisah Dahlan bahwa, "Ada bagian di dalam otak laki-laki yang oleh Allah diberi ukurannya beda, yang mana? Yaitu namanya hipotalamus, laki-laki ada, perempuan juga ada" tutur dr Aisah Dahlan.

Kemudian beliau menjelaskan tentang sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa bagian hipotalamus pada laki-laki itu lebih besar daripada perempuan. Tepatnya ukuran hipotalamus laki-laki dua setengah kali lebih luas dibanding perempuan.

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Menasehati Anak Remaja Laki-laki yang Susah Diatur, Anak Jadi Lebih Nurut

BACA JUGA:Begini Cara Mendidik Anak Laki-laki agar Tidak Kasar kepada Perempuan ala Bunda Elly Risman

Lalu apa sih fungsi dari bagian hipotalamus ini? Berikut penjelasan dr Aisah Dahlan tentang fungsi bagian otak hipotalamus pada laki-laki.

Watak Anak Laki-Laki Berdasarkan Fungsi Otaknya

Ada beberapa watak anak laki-laki yang dipengaruhi akibat adanya perbedaan ukuran dan fungsi hipotalamus pada otak anak laki-laki yang jauh lebih besar daripada anak perempuan. Berikut penjelasan dr Aisah Dahlan.

1. Pusat Menjaga Keamanan

Dokter Aisah Dahlan menjelaskan bahwa hipotalamus menjadi pusat menjaga keamanan seseorang. "Laki-laki lebih jago menjaga keamanan daripada perempuan, itu sunnatullahnya seperti itu," tutur dr Aisah Dahlan.

Maka ketika dihubungkan dengan potongan ayat dalam QS. An-Nisa:34 yang berbunyi,

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ

"Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan),.."

Sehingga laki-laki menjadi pelindungnya perempuan karena salah satu penjelasan secara ilmiah pun laki-laki memiliki ukuran hipotalamus yang lebih luas ini. Maka dari itu, dari kecil anak laki-laki pun sudah terlihat jiwa pelindungnya yang seringkali ingin menjaga ibunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: