Sering Jadi Perdebatan! Jumlah Salat Witir Usai Tarawih, 3 Rakaat 1 Salam atau 2 Salam? Ini Kata Gus Baha

Sering Jadi Perdebatan! Jumlah Salat Witir Usai Tarawih, 3 Rakaat 1 Salam atau 2 Salam? Ini Kata Gus Baha

Sering Jadi Perdebatan! Jumlah Salat Witir Usai Tarawih, 3 Rakaat 1 Salam atau 2 Salam? Ini Kata Gus Baha -Tangkap layar -Santri manut kyai

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sering jadi perdebatan, jumlah salat witir usai salat tarawih, 3 rakaat 1 salam atau 1 salam? Meski tidak menimbulkan polemik yang sungguh-sungguh, namun perdebatan jumlah rakaat salat witir usai salat tarawih sering muncul kepermukaan saat bulan Ramadan kembali hadir. 

Oleh karenanya, hal ini penting untuk dibahas kata Gus Baha. Agar memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tidak terus menjadi polemik setiap bulan Ramadan datang. 

Tentang Salat Witir, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan bahwa salat witir dengan 3 rakaat sekali salam atau 3 rakaat 2 kali salam sama-sama sah.

Hal ini dijelaskan oleh Gus Baha sebagai wujud jawaban atas polemik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah

مَثْنىَ مَثْنىَ فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ

"2 rakaat, 2 rakaat. Apabila kamu takut melewati shubuh, maka hendaklah kamu salat witir satu rakaat.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA:Gus Baha Tak Setuju Tentang Hikmah Salat Bisa Menyehatkan Tubuh! Lho Kok Bisa? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Apakah Boleh Pegang Al-Qur'an Tanpa Berwudhu? Begini Penjelasan Gus Baha

"Kalau tidak mau ambil resiko ya, lakukan 2 salat witir lalu tasyahud awal Kemudian dilanjutkan 1 rakaat setelahnya seperti salat Maghrib. Hanya saja cara ini tidak terkenal, atau witirnya 1 rakaat saja juga tetap sah. Namun biasanya salat witir dengan 3 rakaat 2 salam," imbuh Gus Baha.

Tidak perlu jadi polemik, karena semua ada dasarnya 

Masih mengutip halaman yang sama, menurut Gus Baha, dalam polemik witir ini tidak harus dicari benar salahnya, sebab lebih utama yaitu melaksanakan salat. Baik yang meyakini salat witir langsung 3 rakaat sekali salam, 1 rakaat sekali salam ataupun 3 rakaat 2 kali salam.

"Semoga saja Allah memberikan ampunan pada semuanya," kata Gus Baha.

Ia menjelaskan polemik salam salat witir sudah pernah dibahas Imam Nawawi dalam kitabnya. Salat witir yang 2 rakaat kemudian salam serta tambah 1 rakaat lagi itu secara keilmuan memanglah aneh. Sebab salat yang sudah salam dianggap salat tersendiri, mandiri, tidak gabung. Tidak ada berta'aluq ke salat setelahnya.

BACA JUGA:Gus Baha Berikan Cara Agar Tetap Bahagia Meski Rezeki Mampet dan Utang Numpuk, Ajarkan Pada Keluarga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: