Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Menyusui, Biar ASI Tetap Lancar

Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Menyusui, Biar ASI Tetap Lancar

Tips berpuasa yang aman untuk ibu menyusui.-Dunia Parenting/yt-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi para ibu menyusui yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, bisa coba mengikuti tips berpuasa yang aman untuk ibu menyusui berikut agar baik ibu dan bayinya tetap terpenuhi nutrisinya dengan baik.

Pada ibu menyusui terdapat keringanan untuk tidak berpuasa, namun ketika merasa siap dan sehat secara fisik dan mental ada juga para ibu menyusui yang memilih tetap menjalankan ibadan puasa.

Hal ini boleh saja dilakukan selama melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendapat persetujuan dokter yang menangani. Karena pada puasa pada ibu menyusui dikhawatirkan dapat memengaruhi produksi ASI untuksi kecil.

Saat produksi ASI menurun, dan nutrisi untuk bayinya berkurang juga dapat memengaruhi tumbuh kembang si kecil.

BACA JUGA:Ramadan 2024: Hukum Puasa Ramadan bagi Ibu Menyusui, Wajib Berpuasa Kah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Menjaga Kondisi Ibu Tetap Prima

Namun ternyata selama ibu bisa menjaga dan menjadwalkan pola makan dengan baik dengan gaya hidup yang sehat, meskipun sedang berpuasa tidak akan mempengaruhi produksi ASI.

Beberapa tips berpuasa untuk ibu menyusui ini akan membantu para ibu lancar menjalankan puasa sambil menyusui buah hati.

Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Menyusui

Meski ibu menyusui masih diperbolehkan untuk berpuasa, namun untu memastikan keamanan dan kesehatan ibu dan bayi, hendaknya lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Usahakan Sahur yang Sehat

Yang pertama adalah untuk tidak melewatkan sahur bagi para ibu menyusui yang hendak berpuasa. Kemudian dengan catatan sahur yang dilakukan adalah sahur sehat yang akan memenuhi asupan nutrisi ibu dan bayi.

Karena apa yang ibu makan saat sahur akan menjadi simpanan energi untuk memproduksi ASI saat berpuasa. Sehingga untuk tetap menghasilkan ASI yang berkualitas, ibu menyusui diharapkan jangan sampai melewatkan waktu sahur untuk mengisi energi, dan juga perlu membekali diri dengan asupan sehat kaya nutrisi saat sahur.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Ini 5 Tips Sahur yang Aman dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: