Kultum Ramadan Lapas Pekalongan, Kasubsi Portatib: Sembunyikan Ibadahmu seperti Kamu Menyembunyikan Aibmu

Kultum Ramadan Lapas Pekalongan, Kasubsi Portatib: Sembunyikan Ibadahmu seperti Kamu Menyembunyikan Aibmu

Kultum Ramadan Lapas Pekalongan.-Ist/Lapas Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Selama bulan Ramadan, Lapas Kelas IIA Pekalongan setiap hari mengadakan kultum atau kuliah tujuh menit dalam pelaksanaan apel pagi di Lapas setempat.

Pada hari ke-11 bulan Ramadan, 22 Maret 2024, Kasubsi Portatib Lapas Pekalongan, Doso Noegroho, mendapat giliran menyampaikan kultum.

Kali ini tema kultum yang ia angkat adalah "Sembunyikan Ibadahmu Seperti Kamu Menyembunyikan Aibmu."

BACA JUGA:Kalapas Sosialisasikan Urgensi dan Manfaat Relokasi Lapas Pekalongan di Desa Larikan

Dalam kultum tersebut, peserta apel diingatkan untuk tidak memamerkan ibadah mereka, menghindari kehilangan pahala akibat riya, serta dijelaskan bahwa riya merupakan perbuatan tercela dalam Islam yang berarti menghina Allah SWT.

Kultum yang disampaikan dalam apel pagi di Lapas Pekalongan ini menyoroti pentingnya tindakan ibadah yang ikhlas dan tulus tanpa mengharap pujian dari manusia.

Peserta apel diberikan pemahaman bahwa riya dapat merusak keikhlasan dalam beribadah dan mengurangi nilainya di hadapan Allah SWT.

Selama bulan Ramadan, tradisi apel pagi di Lapas Pekalongan yang biasanya dilaksanakan di halaman kantor dipindahkan ke dalam aula.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Tanda Tangani Pakta Integritas Tahun 2024 dan Berkomitmen Beri Pelayanan Lebih Baik

Setiap hari, peserta apel diberikan kesempatan untuk mendengarkan kultum Ramadan Lapas Pekalongan dari pembicara yang dijadwalkan bergilir.

Hal ini menjadi momen yang berharga bagi para petugas Lapas Pekalongan untuk meningkatkan dan saling berbagi pemahaman dan keimanan selama bulan Ramadan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: