Liburan di Rumah, Yuk Manfaatkan Layanan E-Perpus Batang

Liburan di Rumah, Yuk Manfaatkan Layanan E-Perpus Batang

TUNJUKKAN APLIKASI - Kasi Pelayanan Informasi dan Kerjasama Disperpuska Batang, Sutiawati bersama stafnya, Yusuf, saat menunjukkan aplikasi e-perpus Batang.

BATANG - Pemkab Batang telah menetapkan aktivitas belajar mengajar di sekolah libur selama 14 hari. Sebagai gantinya, sejak Senin (16/3/2020) kemarin para siswa melakukan kegiatan belajar via aplikasi online di rumah masing-masing.

Menyiasati kondisi itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang pun tak mau ketinggalan. Mereka mengajak masyarakat untuk mengakses layanan digital perpustakaan melalui e-Perpus Batang. Dengan layanan tersebut, masyarakat dari berbagai kalangan bisa mengakses koleksi Perpustakaan dari rumah, cukup bermodalkan internet melalui komputer ataupun android.

Dalam mendukung pencegahan Covid-19, Disperpuska juga sementara menutup layanan sirkulasi buku di Perpustakaan Daerah. Pelayanan dibatasi untuk pengembalian buku yang jatuh tempo. Namun untuk peminjaman dan baca di tempat pelayanan dinonaktifkan sementara.

"Kami ingin berpartisipasi meminimalisir penyebaran Covid-19, dengan sementara menutup layanan perpustakaan. Karena kami berharap masyarakat bisa tinggal di rumah. Kami juga ingin tetap memenuhi asupan masyarakat akan kebutuhan membaca melalui e-Perpus, sehingga kami harap meski tetap ada di rumah, masyarakat masih bisa menikmati kegemaran mereka membaca buku," jelas Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat N Fadilah saat diwawancarai, Selasa (17/3/2020).

Bagi masyarakat Batang yang belum memiliki keanggotaan Perpustakaan pun tetap bisa mengakses layanan e-Perpus via android maupun website. Hanya saja, sebelum menggunakan layanan, masyarakat terlebih dahulu membuat keanggotaan. Pendaftaran keanggotaan tersebut juga ada dalam menu layanan E-Perpus Batang.

"Beberapa Perpusdes pun sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk menonaktifkan pelayanan sementara. Dan kami alihakan untuk mengakses e-perpus Batang. Selain itu kegiatan kami yang lain yang mendatangkan masa juga sementara kami tunda dulu, menunggu hingga keadaan sudah kondusif," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: