Liburan, Pengunjung LA Membludak

Liburan, Pengunjung LA Membludak

ADVENTURE - Bertepatan dengan libur sekolah sekaligus libur akhir tahun 2019, pengunjung Wisata Lolong Adventure membludak.

Bertepatan dengan libur sekolah sekaligus libur akhir tahun 2019, pengunjung Wisata Lolong Adventure (LA) membludak. Pengunjung tak hanya anak sekolah saja melainkan orang dewasa pun meningkat.

Lolong Adventure berada di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar. Tempat ini salah satu wisata alam dan paling menantang di Kota Santri. Dengan jarak lokasi wisata tidak jauh sekitar 30 menit dari pusat Kota Kajen membuat banyak masyarakat dalam atau luar daerah datang.

Saat masuk di gapura selamat datang Desa Lolong, pengunjung akan melewati perkebunan durian dan pinus. Di sepanjang jalur masuk desa ini, akan disuguhi kedai-kedai yang menjual buah durian dan di bulan ini hingga Januari buah durian sedang panen, sehingga dari pagi hingga sore banyak pedagang yang menjual durian di sepanjang desa ini.

Ketua Rafting Lolong, Maman F, menyampaikan, memasuki libur sekolah dan akhir tahun pengunjung naik drastis. Kalau hari biasa tidak bisa lima trip, namun sekarang bisa apalagi kondisi sungai sudah cukup besar.

"Ada peningkatan tamu wisatawan di libur akhir tahun dan liburan sekolah. Untuk satu minggu diperkirakan dua ratus sampai tigab ratus tamu dari dalam kota maupun luar kota pekalongan. Kemudian, biasanya bisa melakukan tiga kali permainan, liburan bisa 5 kali," terangnya.

Pada kesempatan itu Maman juga menjelaskan terkait Sungai Sengkarang. Sungai ini punya karakter baik. Debit air pas buat, rafting, kalau debit air sedang, bisa rafting dengan jarak 9 KM dengan estimasi perjalanan kurang lebih 2 jam. "Ya, kalau debit air lebih tinggi lagi, bisa rafting dengan jarak tempuh 12 KM dengan estimasi perjalanan kurang lebih 3 jam," jelasnya.

Maman mengungkapkan, peserta tidak usah kuatir dengan olahraga ini. Karena, saat rafting peserta dibekali dengan alat pengaman dan didampingi oleh pemandu yang bersertifikat.

Sebelum melakukan olahraga ini, pemandu ini sebelumnya memberikan tutorial penggunaan alat pengaman maupun dayung serta aba-aba yang nantinya digunakan oleh peserta.

"Biasanya satu perahu berisi empat hingga enam orang dan saat ini ada 12 perahu yang ada di Lolong Adventure," tuturnya. Untuk menikmati rafting, ada beberapa paket harga, yang ditawarkan dan itu tergantung panjang serta pendek jalur.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu per orang dan itu sudah dengan makan dan minum.

"Usai bermain, para peserta mendapatkan fasilitas berupa makan siang dan cemilan. Ada juga buah durian khas lolong juga," ujarnya. Salah seorang pengunjung, Ainul mengaku senang dengan petualangan, sehingga sengaja meluangkan waktu untuk rafting di Lolong Adventure. "Saya sering kesini karena suka banget apalagi petualangan bersama teman teman, " ungkapnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: