Gelar Hingga 459 Nomor Pertandingan, 260 Tim Meriahkan Lomba Dayung Tradisional 2024 Klidang Lor Batang

Gelar Hingga 459 Nomor Pertandingan, 260 Tim Meriahkan Lomba Dayung Tradisional 2024 Klidang Lor Batang

Gelar Hingga 459 Nomor Pertandingan, 260 Tim Meriahkan Lomba Dayung Tradisional 2024 Klidang Lor Batang-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Festival Lomba Dayung Tradisional 2024 Klidang Lor Batang atau Lomban kembali digelar H+1 lebaran, Kamis 11 April 2024 di area Lomba Dayung Sungai Sambong Klidang Lor Batang. Tahun ini jumlah peserta mengalami peningkatan, dimana ada 260 peserta dari Batang maupun luar Batang yang akan bertanding di total 469 nomor pertandingan. 

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki turut menghadiri dan membuka secara langsung lomba yang sudah menjadi agenda wisata tahunan di Kabupaten Batang ini. Lani menyebut kegiatan ini menjadi upaya melanjutkan tradisi masyarakat sekitar, dan sekaligus menggali potensi wisata di sekitar Sungai Klidang Lor. 

BACA JUGA:Jelang Lomba Dayung Tahunan, Sejumlah Tim Dayung Berlatih di Bantaran Sungai Sambong Sembari Ngabuburit

"Agenda ini sudah jadi tradisi nenek moyang dari dulu yang digelar hari kedua lebaran hingga syawalan. Alhamdulillah dari tahun ke tahun meningkat. Dan semoga bisa terus digelar ke depannya," ujar Lani usai membuka kegiatan. 

Berbagai upaya telah diberikan pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan tradisi ini. Mulai dari anggaran pengadaan kegiatan, aspirasi DPRD berupa bantuan pengadaan perahu naga, dan juga bantuan normalisasi dan penataan tanggul Sungai Sambong dari Kementrian PUPR RI. Dimana dengan bantuan ini, suasana Kali Sambong yang menjadi venue lomba semakin apik dan resik jauh dari kesan kumuh. 

"Kami berupaya dukungan anggaran pengadaan, ada juga bantuan dari DPRD ada bantuan 4 unit perahu naga, ada juga alokasi anggaran dari Disparpora. Dan ada juga dari bantuan PUPR, untuk perbaikan sarana dan tanggul di sungai Klidang Lor untuk bisa mempermudah pelaksanaan lomba," pungkasnya. 

BACA JUGA:Nyadran, Lomba Dayung Tahunan yang Telah Ada Sejak 1970

Panitia Lomba Dayung Tradisional 2024 Klidang Lor Batang, Egied Elan F menyebut, lomba ini sudah dilaksanakan sekitar tahun 1977. Dimana menjadi ajang silaturahmi antar nelayan. 

"Meski nelayan di sini itu bertetangga, karena mereka kebanyakan harus melaut, jadi di momen lebaran dan lomba dayung ini mereka bisa saling bersilaturahmi. Itulah mengapa lomba ini sudah menjadi tradisi di masyarakat kami," jelasnnya didampingi salah satu panitia, Much Dhorun saat diwawancarai di sela kegiatan. 

Dikatakannya, di setiap pertandingan dua tim akan saling adu cepat dalam melintasi trek sepanjang 300 meter. Nantinya akan dipilih 4 juara utama, 4 juara Harapan dan 2 juara simpatisan. Dimana telah disiapkan hadiah uang tunai total Rp60 Juta dan juga tropi. 

BACA JUGA: Event Lomba Dayung Bisa Berskala Nasional

"Kegiatan ini sudah dari puluhan tahun lalu. Dan tiap tahunnya kita juga buatkan jingle lagunya dari pemuda sini. Kami juga berharap kegiatan ini bisa jadi tradisi rutin yang bisa dipertahankan hingga anak cucu kita nanti," harapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan