UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Rutan Pekalongan

UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Rutan Pekalongan

UPT Pemasyaratan se-Kota Pekalongan menggelar upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Rutan Pekalongan, Sabtu, 27 April 2024.--

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan menggelar upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan, Sabtu, 27 April 2024.

Acara ini dipimpin oleh Inspektur Upacara Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan Asih Widodo, dengan Perwira Upacara Kepala Rutan Pekalongan Sastra Irawan, dan Komandan Upacara Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Pekalongan Riyanto.

Dalam amanatnya, Kalapas Pekalongan membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly yang menyoroti perjalanan panjang Pemasyarakatan selama 60 tahun.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Rayakan HBP ke-60 dengan Acara Bangga Menggunakan Produk dalam Lapas

BACA JUGA:Kalapas Pekalongan Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60

Yasonna menyatakan bahwa Pemasyarakatan harus memastikan kehadirannya sebagai bagian subsistem peradilan pidana, mengawal dari tahap pra-ajudikasi, ajudikasi, hingga pasca ajudikasi. Ini mencerminkan peran yang sangat penting dalam sistem peradilan yang adil dan efektif.

Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Kepala Bapas Pekalongan Agus Nugroho, Kepala Rupbasan Pekalongan Donny Setiawan, serta seluruh pejabat struktural dan pegawai UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan. 

Turut hadir pula perwakilan dari ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan serta PIPAS, yang menunjukkan dukungan dan komitmen dalam membangun pemasyarakatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang berlangsung khidmat ini menjadi momentum penting untuk merayakan sejarah panjang Pemasyarakatan sambil menegaskan komitmen mereka dalam mengawal dan memberdayakan subsistem peradilan pidana secara berdampak.

BACA JUGA:Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Lapas Pekalongan Gelar Donor Darah

BACA JUGA:Sukseskan Pemasyarakatan Sehat, Lapas Pekalongan Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi WBP dan Petugas

Acara ini tidak hanya mengingatkan pada perjalanan yang sudah dilalui, tetapi juga memandang ke depan dengan semangat baru untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan peradilan. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: