Pemkot Pekalongan Gelar Lomba Kelurahan Tingkat Kota 2024

Pemkot Pekalongan Gelar Lomba Kelurahan Tingkat Kota 2024

Penilaian klarifikasi lapangan oleh DPMPPA Kota Pekalongan di Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Senin (29/4/2024). -FOTO-Istimewa

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Usai mendapatkan 3 kelurahan sebagai nominator lomba kelurahan tingkat Kota 2024, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan (DPMPPA) melaksanakan penilaian tahap klarifikasi lapangan. 

Dari 3 kelurahan yang lolos tahap administrasi dan masuk tahap klarifikasi lapangan diantaranya ada Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat dan Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara.

BACA JUGA:Tawaran Motor Listrik Honda EM1 e: dan EM1 :e Plus, Punya Harga Segini

Kepala DPMPPA Kota Pekalongan, Puji Winarti  mengatakan bahwa selama tiga hari kedepan pihaknya akan melaksanakan penilaian lapangan lomba kelurahan sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 21 tahun 2015 tentang evaluasi penyelenggaraan desa/kelurahan dalam bentuk lomba. 

“Setelah memenuhi beberapa tahapan kemarin mulai dari persiapan, penyampaian berkas administrasi ke panitia, kita verifikasi pemberkasan dan keluar 3 nominator tingkat kota yang nanti akan kita kunjungi atau verifikasi lapangan. Hari ini di Kuripan Yosorejo, besok kami lanjutkan ke Podosugih dan kamis kita kunjungi kelurahan Krapyak,” ungkap Puji, saat ditemui di aula Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Senin (29/4/2024).

BACA JUGA:Ratusan Pendidik, Pelajar Hingga Wali Murid Meriahkan Festival Gugus Melati Subah

Pihaknya menuturkan bahwa tema lomba kelurahan 2024 ini bertajuk stabilitas politik sosial ekonomi untuk mewujudkan desa/kelurahan yang berdaya saing menuju Indonesia emas. 

Dijelaskan Puji, lomba tersebut sebagai bentuk evaluasi setelah pembinaan yang telah diberikan oleh DPMPPA, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kelurahan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat secara optimal. 

BACA JUGA:Dinilai Gagal Jadi Wasit oleh Warganet, Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Shen Yinhao Sesuai Weton Primbon Jawa

“Unsur tim juri penilai yang kami libatkan terdiri dari beberapa OPD atau sektor terkait ada dari Bappeda, BPS, Sekretariat Daerah, Dinas Kesehatan, TP PKK Kota dan DPMPPA. Disini kami lihat bagaimana pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan lebih pada kreativitas inovasi yang berbasis IT, pemberdayaan masyarakat dan lainnya,” terang dia.

Lebih lanjut, usai tahap klarifikasi lapangan, tim juri akan menentukan juara I tingkat Kota Pekalongan yang berhak maju ke tingkat Provinsi. “Setelah tahap ini kami akan mulai melakukan pemberkasan di tingkat Provinsi dan pertengahan Juni akan ada penilaian lomba tingkat provinsi, mudah-mudahan perwakilan kota Pekalongan bisa unggul dan mendapatkan juara di Provinsi,” sambung dia.

BACA JUGA:7 Rahasia Perawatan Bibir Pink ala Perempuan Korea, Cocok untuk Kamu yang Memiliki Bibir Gelap dan Bergaris

Sementara itu, Camat Pekalongan Selatan, Zaenal Muhibbin dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa inovasi yang sudah terlaksana di kelurahan Kuripan Yosorejo diantara nya ialah mengurangi limbah tak terurai sampah plastik dengan melakukan pengolahan menjadi barang yang bernilai ekonomi seperti diolah menjadi batako, canting cap dan lainnya. 

Transparansi pengelolaan uang masyarakat yang disebut dana masyarakat menggunakan aplikasi sehingga siapapun bisa mengakses dan melihat sejauh mana dana itu digunakan dan sirkulasinya seperti apa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: