Apakah Makmum Wajib Membaca Surah Al-Fatihah Pada Saat Sholat Berjamaah? Begini Penjelasannya!

Apakah Makmum Wajib Membaca Surah Al-Fatihah Pada Saat Sholat Berjamaah? Begini Penjelasannya!

Apakah Makmum Wajib Membaca Surah Al-Fatihah Pada Saat Sholat Berjamaah? Begini Penjelasannya!-Audio Dakwah-Youtube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Apakah makmum wajib membaca surah Al-Fatihah pada saat sholat berjamaah. Penasaran? Yuk cek jawabannya di sini.

Pada saat sedang menunaikan ibadah sholat, setiap umat muslim memang diwajibkan untuk membaca surah Al-Fatihah dan hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang tidak terelakkan.

Hal tersebut dikarenakan, surah Al-Fatihah merupakan salah satu bagian dari rukun sholat yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim yang sedang menunaikan ibadah sholat, baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Akan tetapi, terdapat beberapa perdebatan dan kebingungan di kalangan umat muslim mengenai kewajiban membaca surah Al-Fatihah pada saat mereka sedang melaksanakan sholat berjamaah.

BACA JUGA:Umat Muslim Wajib Tahu! Apakah Surah Al-Fatihah Bisa Mendatangkan Rezeki? Begini Penjelasannya!

BACA JUGA:Begini Cara mengamalkan Surah Al-Fatihah Agar Rezeki Mengalir dengan Deras, Amalkan Sekarang Juga!

Nah, kita akan menelaah lebih lanjut dan menggali lebih dalam mengenai pertanyaan apakah makmum wajib membaca surat Al-Fatihah pada saat sholat berjamaah.

Lantas, apakah makmum wajib membaca surah Al-Fatihah pada saat sholat berjamaah? Berikut ini adalah penjelasan mengenai pertanyaan apakah makmum wajib membaca surah Al-Fatihah pada saat sholat berjamaah.

Apakah Makmum Wajib Membaca Surah Al-Fatihah Pada Saat Sholat Berjamaah?

Hukum Makmum Membaca Al-Fatihah saat Sholat Berjamaah

Menurut pandangan dari empat mazhab besar dalam Islam, yaitu mazhab Maliki, mazhab Hambali, mazhab Syafi'i dan mazhab Abu Hanifah, terdapat beberapa perbedaan pendapat yang mendasar terkait dengan apakah makmum wajib membaca surah Al-Fatihah saat sholat berjamaah.

Pendapat Mazhab Maliki dan Hambali

Pandangan mazhab Maliki dan Hambali menyatakan bahwa, makmum harus membaca surah Al-Fatihah apabila suara imam tidak terdengar atau kurang jelas.

BACA JUGA:Begini Cara Mengamalkan Surah Al-Fatihah untuk Memperlancar dan Mempermudah Datangnya Rezeki, Mudah Banget Kok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: