Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah

Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah

Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah-Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam-Youtube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hukum membaca surah Al Fatihah bagi makmum yang sedang sholat berjamaah. Penasaran? Yuk cek jawabannya di sini.

Salah satu hal yang menjadi kunci utama dalam menjalankan atau menunaikan ibadah sholat adalah dengan membaca surah Al Fatihah.

Hal tersebut dikarenakan, surah Al Fatihah merupakan salah satu rukun sholat yang apabila tidak dibaca maka sholatnya seorang muslim tidak sah.

Surah yang terdiri dari 7 ayat ini memiliki kedudukan yang sangat istimewa di dalam agama Islam. Bahkan, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa, sholat seorang muslim tidak akan sah tanpa membaca surah Al Fatihah.

BACA JUGA:Salat Tarawih, Makmum Ketinggalan Baca Al Fatihah karena Imam Terlalu Cepat? Ini Solusi dari Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Rahasia Amin Saat Imam Membaca Surat Al Fatihah, Ustaz Adi Hidayat : Malaikat Ikut Mendoakan dan Mustajab

Akan tetapi, ketika berbicara tentang sholat berjamaah, khususnya peran makmum dalam membaca surah Al Fatihah, muncul sejumlah perbedaan pendapat di antara kalangan para ulama.

Lantas, apa sih hukum membaca surah Al Fatihah bagi makmum yang sedang sholat berjamaah? Berikut ini adalah penjelasan mengenai hukum membaca surah Al Fatihah bagi makmum yang sedang sholat berjamaah.

Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah

Mengutip dari buku yang berjudul “Menyingkap Samudra Al Fatihah: Kontekstualisasi Kandungan, Hukum dan Hikmat Ayat dalam Kehidupan Sehari-hari” karya Abdul Aziz.

Ada beberapa perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai kewajiban membaca surah al-fatihah bagi makmum dan perbedaan pendapat tersebut terbagi menjadi beberapa pandangan.

BACA JUGA:Rahasia Doa Cepat Terkabul, Ustaz Adi Hidayat: Sebelum Berdoa Baca Surat Al Fatihah dan Dua Ayat Sakti Ini

BACA JUGA:Inilah Cara Mengamalkan Surat Al Fatihah agar Hutang Pinjol Lunas, Berapapun Besarnya Hutang dijamin Beres!

Pertama, ada ulama yang berpendapat bahwa, jika makmum menemukan Imam sedang dalam keadaan rukuk, maka kewajiban membaca surah Al Fatihah ditanggung sepenuhnya oleh Imam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: