Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah

Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah

Bolehkah Diam Saja? Inilah Hukum Membaca Surah Al Fatihah Bagi Makmum yang Sedang Sholat Berjamaah-Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam-Youtube

Sementara itu, menurut Abu Hanifah, makmum tidak perlu membaca surah Al Fatihah, baik dalam sholat sirriyyah maupun sholat jahriyyah.

Hukum Membaca Al-Fatihah untuk Makmum Masbuk

Ketika seorang makmum Tertinggal dalam sholat (masbuk), masalah mengenai hukum untuk membaca surah Al Fatihah menjadi lebih kompleks atau lebih rumit.

Dalam situasi tersebut, jika masbuk menemukan Imam sedang rukuk, maka kewajiban untuk membaca surah Al Fatihah menjadi gugur.

BACA JUGA:Jomblo Wajib Tahu! Begini Amalan Surat Al Fatihah Untuk Jodoh, Terbukti Mampu Meluluhkan Hati Tanpa Sentuhan

BACA JUGA:Cara Mengamalkan Surat Al Fatihah Agar Hutang Lunas dan Keluar dari Himpitan Hidup, Berapapun Beres!

Akan tetapi, jika masih ada waktu dan masbuk bergabung kembali dengan sholat dalam posisi berdiri, maka makmum tersebut dapat membaca surah Al Fatihah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai kewajiban membaca surah Al Fatihah bagi makmum pada saat sedang melaksanakan sholat berjamaah.

Akan tetapi, semua pandangan tersebut bermuara pada upaya untuk memahami dan mengimplementasikan ajaran agama Islam dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap umat Islam untuk menghormati keragaman pandangan ini sambil tetap berpegang pada nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam beribadah.

BACA JUGA:Begini Cara Mengamalkan Surah Al-Fatihah untuk Memperlancar dan Mempermudah Datangnya Rezeki, Mudah Banget Kok

BACA JUGA:Begini Cara Meningkatkan Keberuntungan dalam Berdagang dengan Mengamalkan Surah Al-Fatihah, Mudah & Sederhana!

Itulah tadi penjelasan mengenai hukum membaca surah Al Fatihah bagi makmum yang sedang sholat berjamaah. Semoga bermanfaat, terima kasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: