Kamu Harus Tahu! Ternyata Begini Cara Berkurban untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal menurut Buya Yahya

Kamu Harus Tahu! Ternyata Begini Cara Berkurban untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal menurut Buya Yahya

Baru Tahu, Ternyata Begini Cara Berkurban untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal menurut Buya Yahya-Tangkap layar -Al Bhajah TV

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam ceramah, Buya Yahya Bagikan cara berkurban bagi orang tua yang sudah meninggal, mau tahu caranya? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Melansir dari ceramah Buya Yahya di akun Al-Bahjah TV, Buya Yahya membahas cara berkurban bagi orang tua yang sudah meninggal.

Buya Yahya menjelaskan bahwa hukum kurban adalah sunnah, yaitu sunnah 'ainiyah dan sunnah kifayah.

Sunnah 'ainiyah mengandung arti ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan bagi orang yang mampu. Sehingga ibadah kurban ini termasuk yang paling dianjurkan untuk dilakukan secara rutin tiap tahunnya.

Sedangkan sunnah kifayah adalah ibadah sunnah yang apabila sudah dilakukan oleh satu anggota keluarga maka bisa mewakili seluruh anggota keluarga yang lain.

BACA JUGA:Kurban Sapi dengan Sistem Arisan, Memangnya Boleh? Buya Yahya Sebut Hukum Kurban yang Benar

BACA JUGA:Salat tapi Pikirannya Kemana-mana, Apakah Salatnya tetap Sah? Buya Yahya Bilang Begini

Sebagai contoh apabila dalam satu keluarga ada satu yang berkurban, maka bisa mewakili anggota keluarga yang lain. Niat kurbannya di atas namakan satu orang, namun pahalanya diniatkan untuk seluruh anggota keluarga.

Menurut Buya Yahya, berdasarkan hukum tersebut maka berkurban untuk orang tua yang sudah meninggal bisa dengan cara kurban atas nama anak dan pahala kurbannya diniatkan untuk orang tua yang sudah meninggal.

Kenapa tidak berkurban dengan mengatas namakan orang tua yang sudah meninggal?

Buya Yahya menyampaikan bahwa yang boleh berkurban adalah orang yang masih hidup. Sedangkan orang yang sudah meninggal tidak diperkenankan untuk berkurban.

Jika orang yang sudah meninggal berniat berkurban dan berwasiat untuk berkurban sebelum meninggal, maka hal ini boleh dilakukan berkurban.

BACA JUGA:Mana yang Benar, Kurban Seumur Hidup Sekali atau Setahun Sekali? Buya Yahya Bilang Seperti Ini

BACA JUGA:Istri Minta Cerai, Begini Nasihat Buya Yahya kepada Suami Supaya Rumah Tangga Tidak Retak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: