5 Solusi Alami untuk Mengatasi Nyeri Rematik, Ada Jahe hingga Bawang Putih

5 Solusi Alami untuk Mengatasi Nyeri Rematik, Ada Jahe hingga Bawang Putih

Solusi Alami untuk Mengatasi Nyeri Rematik--Youtube.com/Hidup Sehat TvOne

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini macam-macam solusi alami untuk mengatasi nyeri rematik, antara lain herbal yang mudah ditemukan.

Rematik adalah kondisi nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada otot atau persendian. Biasanya, peradangan menyebabkan rasa sakit yang begitu parah sehingga sulit untuk menggerakkan sendi yang meradang.

Rematik sering dikaitkan dengan rheumatoid arthritis. Faktanya, rematik adalah nama umum untuk berbagai penyakit terkait radang sendi seperti osteoartritis, sindrom Shergen, ankylosing spondylitis, dan lupus.

Rematik tergolong penyakit autoimun, dan masih belum ada cara untuk menyembuhkan penyakit ini secara tuntas.

Namun, sejumlah prosedur dapat dilakukan untuk mengurangi keparahan gejala. Selain obat-obatan dan pengobatan, ada juga obat rematik alami yang dipercaya mampu mengatasi gejala penyakit ini.

BACA JUGA:5 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengobati Penyakit Rematik Dengan Cepat, Tanpa Menggunakan Obat-obatan

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Teh Herbal yang Ampuh untuk Asam Urat dan Rematik untuk Lansia 60 Tahun ke Atas

Solusi Alami untuk Mengatasi Nyeri Rematik

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jahe mengandung zat antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh.

Dipercaya bahwa karena kandungan antioksidannya, jahe meredakan peradangan yang menyebabkan rematik. Jahe juga dipercaya dapat mencegah kerusakan tulang akibat rheumatoid arthritis.

2. Kunyit

Seperti halnya jahe, kunyit juga mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada persendian. Khasiat tersebut disebabkan oleh kandungan kurkumin dalam kunyit.

Untuk meningkatkan efek kunyit, bisa dicampur dengan lada hitam. Lada hitam mengandung zat yang disebut piperin.

Piperin membantu kurkumin diserap lebih mudah oleh tubuh. Oleh karena itu, dipercaya bahwa kombinasi kunyit dan lada hitam merupakan obat alami untuk rematik, mengurangi peradangan dan nyeri. 

3. Bawang putih

Siapa sangka bumbu dapur ini juga bermanfaat sebagai obat alami rematik. Hal ini karena bawang putih mengandung diallyl disulfide, senyawa antioksidan yang dapat menghambat produksi sitokin penyebab peradangan dalam tubuh.

Menurut penelitian, manfaat bawang putih juga dapat mencegah kerusakan sendi akibat penyakit rematik.

BACA JUGA:Mirip Tetapi Berbeda, Inilah Perbedaan Rematik dan Asam Urat yang Jarang Diketahui, Sebabkan Nyeri Sendi

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Faktor yang Memicu Rematik Asam Urat yang Perlu Diketahui, Wajib Hindari Sebelum Parah

4. Kayu manis

Efektivitas kayu manis sebagai obat alami rematik telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Hal ini disebabkan kayu manis mengandung senyawa antioksidan yang dapat meredakan peradangan dalam tubuh.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi empat kapsul bubuk kayu manis dengan dosis 500 mg selama delapan minggu mengalami penurunan gejala seperti pembengkakan sendi.

Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa suplemen yang mengandung kayu manis dapat mengurangi faktor peradangan yang menyebabkan rematik.

5. Teh hijau

Seperti pengobatan alami rematik lainnya dalam daftar ini, teh hijau dipercaya dapat menghilangkan gejala rematik karena sifat antioksidan dan anti peradangannya.

Salah satunya adalah polifenol, zat antioksidan yang tidak hanya dapat meredakan peradangan, tetapi juga melindungi persendian.

Selain itu, polifenol juga dapat meningkatkan produksi sel-sel tertentu dalam sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya dapat membantu melawan gangguan yang disebabkan oleh penyakit autoimun.

Itulah beberapa macam solusi alami untuk mengatasi nyeri rematik menggunakan herbal yang mudah ditemukan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: