Belajar Bareng Pak Fafa, Guru TK di Kecamatan Limpung Siap Adaptasi ke Kurikulum Merdeka

Belajar Bareng Pak Fafa, Guru TK di Kecamatan Limpung Siap Adaptasi ke Kurikulum Merdeka

WORKSHOP - IGTKI Kecamatan Limpung saat memberikan workshop pembelajaran dengan mendatangkan Mas Guru TK atau yang kerap disapa Pak Fafa. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

LIMPUNG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Guru TK Se Kecamatan LIMPUNG siap upgrade diri menggunakan Kurikulum Merdeka. Kesiapan ini ditunjukkan lewat Kegiatan Workshop yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan LIMPUNG di Zieda Garden, Sabtu 18 Mei 2024. 

Tak tanggung-tanggung, pihaknya mendatangkan pemateri selebgram atau influencer pendidikan, Mas Guru TK atau @fafa_ahfar yang kerap disapa Pak Fafa. Lewat materi pembelajaran Strategi Artis ini, diharapkan  Kurikulum Merdeka menjadi lebih menyenangkan bagi anak. 

BACA JUGA:Grumungan Bareng Dewan, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun Serap Aspirasi Guru PAUD dan IGTKI

"Strategi Artis ini bisa menjadikan pembelajaran di kelas lebih menarik, dari yang saya sampaikan. Sehingga anak-anak bisa merasaka pendidikan yang menyenangkan di usia dini," jelas pendidik TK asal Kudus ini. 

Pak Fafa sendiri dikenal karena sering membagikan metode mengajarnya, dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Video yang ia bagikan banyak mendapatkan apresiasi dari banyak orang. Bahkan kini followersnya di Instagram sudah mencapai ratusan ribu. Dan ia pun berkesempatan berbagi ilmu ke berbagai daerah. 

Pak Fafa berharap Perubahan Kurikulum disikapi secara bijak oleh para guru. Bukan soal ganti menteri ganti Kurikulum, tapi memang Kurikulum perlu diubah menyesuaikan perkembangan zaman. Ia juga mengapresiasi semangat para guru di Limpung ini yang mau tetap belajar beradaptasi dan keluar dari zona nyaman. 

BACA JUGA:Dedikasi Pendidik IGTKI Patut Diapresiasi

Korwil Disdikbud Kecamatan Limpung, Mujiono, mengapresiasi materi yang diberikan dalam workshop ini. Ia berharap kualitas pendidikan di Limpung ini semakin meningkat.

"Kalau melihat Pak Fafa, meski honorer  tapi bisa tampil maksimal seperti ini berkat inovasi dan kreativitasnya. Jadi honorer sendiri bukan halangan juga buat rekan-rekan guru di Limpung. Semoga materi dari Pak Fafa ini bisa semakin memotivasi guru di sini, khususnya yang statusnya masih honorer," jelasnya. 

Ketua IGTKI Kecamatan Limpung Ary Vitriani menyebut, ada sekitar 90 pendidik dari 21 TK se Kecamatan Limpung. Pihaknya menghadirkan Pak Fafa dengan harapan banyak guru di Limpung bisa mencontoh sosoknya. Meski masih muda dan berstatus honorer, ia tak sungkan berbagi ilmu pembelajaran yang menarik untuk anak. 

BACA JUGA:Ratusan Guru TK Unjuk Ketangkasan Meriahkan HUT IGTKI ke-73

"Tantangan yang dihadapi guru, adalah kita perlu menyamakan persepsi tentang Kurikulum merdeka. Oleh karenanya harapannya dengan materi ini bisa membantu guru lebih paham dan mudah beradaptasi dengan kurikulum merdeka, " jelasnya. 

Kedepannya pihaknya berharap, guru semakin termotivasi. Baik muda maupun tua, dan tak peduli dari latar belakang apa, Guru TK di Limpung ini harus bisa adaptasi dan mengikuti perkembangan anak serta kemajuan zaman. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan