Pamerkan Produk Kriya, Kabupaten Batang Raih Juara 3 Stan Terbaik Semarak KaTa Kreatif Jawa Tengah

Pamerkan Produk Kriya, Kabupaten Batang Raih Juara 3 Stan Terbaik Semarak KaTa Kreatif Jawa Tengah

Pamerkan Produk Kriya, Kabupaten Batang Raih Juara 3 Stan Terbaik Semarak KaTa Kreatif Jawa Tengah-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Kabupaten BATANG turut unjuk produk kriyanya dalam Semarak Kabupaten Kota Kreatif Jawa Tengah di Menara Pandang Teratai Banyumas, 21-23 Juni 2024. Selain diminati banyak pengunjung, stan Kabupaten BATANG juga sukses merebut juara 3 terbaik, setelah Kudus dan Wonosobo. 

"Alhamdulillah untuk stan Kabupaten Batang berhasil menjadi juara 3 terbaik, meski dengan anggaran yang minim. Hal Ini berkat dukungan dari semua pihak terkait, termasuk dari Komite Ekonomi Kreatif (KEK), dari pelaku eknomi kreatif kriya yang mengikuti pameran, dan lainnya," ujar Kepala Dispapora Batang, Yarsono didampingi Kabid Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Ekraf, Nuni Trianingrum. 

Dijelaskannya, dalam kesempatan ini ada beberapa produk kriya yang ditampilkan. Mulai dari produk batik tulis Rifa'iyah, produk olahan limbah koran dan produk kriya lainnya. 

"Karena kami memang menjadi Kabupaten Kreatif dengan ikon dari kerajinan Kriya. Dan kami diminta untuk menampilkan produk batik dari kementerian. Oleh karenanya kami gandeng batik Rifa'iyah, Batik dari Mas Nurul Iman, dan juga ada dari BJO furface, Kerajinan Blawong dan Aulia Nabila Craft, " Jelasnya. 

Produk kriya Kabupaten Batang pun turut mendapatkan atensi dari pengunjung. Bahkan banyak kolektor batik yang tertarik mengkoleksi batik dari Batang. 

"Produk kami juga mendapatkan sambutan yang luar biasa dari pembeli. Banyak kolektor batik dan dari Kemenparekraf yang membeli produk batik Rifa'iyah dan batik khas Batang dengan harga beli yang tinggi. Alhamdulillah semoga dengan hadirnya kegiatan seperti ini bisa turut mendorong promosi dan eksistensi produk ekraf Batang," harapnya.

Ketua Umum Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Batang, Achmad Suroso mengapresiasi kegiatan dan prestasi Kabupaten Batang dalam Semarak KaTa Kreatif Jawa Tengah. Pihaknya pun siap untuk bersinergi dengan Bidang Ekraf Disparpora Batang untuk mempromosikan dan mengembangkan produk ekraf di Kabupaten Batang. 

"Selama ini kami sudah bersinergi dengan Disparpora Batang dalam menyiapkan pameran-pameran produkk baik tingkat provinsi atau nasional. Dan untuk ke depannya kami juga akan terus mendukung kegiatan ekraf di Batang," ujarnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: