Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Bentuk Unit Reaksi Cepat, Siap Layani Masyarakat Dalam Keadaan Emergency

Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Bentuk Unit Reaksi Cepat, Siap Layani Masyarakat Dalam Keadaan Emergency

Tim URC Disdukcapil Kabupaten Pekalongan layani lansia di Desa Api Api.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Percepat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), Dinas Kepandudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan bentuk Unit Reaksi Cepat (URC). Tim ini berikan layanan bagi masyarakat dalam keadaan kedaruratan (emergency).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pekalongan, Ajid Suryo Pratondo, Jumat, 28 Juni 2024, mengatakan, wilayah kerja URC Disdukcapil meliputi lingkungan di rumah sakit atau di rumah warga yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan perekaman data ke kantor Disdukcapil atau kecamatan dan desa.

"URC merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa semua warga dengan kondisi emergency dapat secara resmi tercatat dan terekam ke sistem administrasi kependudukan," kata dia.

Dijelaskan, setelah dilakukan perekaman, pada hari itu juga tim akan melakukan pencetakkan dan hasilnya diberikan kepada pihak keluarga. Hal ini dilakukan untuk mendukung keadministrasian di rumah sakit dimana pasien dirawat atau juga sebagai syarat bagi pasien yang akan melakukan pengobatan. 

Baca juga:Disdukcapil Terjunkan Tim Jamrod

"Namun disarankan setelah sehat, yang bersangkutan untuk foto ulang karena foto yang sebelumnya dalam situasi tidak bagus (sakit)," kata dia.

Pembentukan URC ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan perekaman penduduk dan memastikan bahwa tidak ada yang terpinggirkan dari layanan administrasi kependudukan.

Dikatakan, masyarakat ketika membutuhkan layanan administrasi kependudukan dimanapun dalam keadaan emergency dapat menghubungi tim URC Disdukcapil Kabupaten Pekalongan dan akan langsung dilayani.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj Hindun mengapresiasi kinerja Disdukcapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses layanan administrasi kependudukan.

"Menurut saya upaya Disdukcapil ini sudah luar biasa, sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan adanya terobosan URC ini, sehingga semakin memudahkan masyarakat yang emergency atau ada keterbatasan, sakit atau masyarakat berkebutuhan khusus," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: