Kemenkumham Tegaskan Seleksi Penerimaan Catar Poltekip dan Poltekim Bersih Tanpa Pungli

Kemenkumham Tegaskan Seleksi Penerimaan Catar Poltekip dan Poltekim Bersih Tanpa Pungli

Kemenkumham tegaskan seleksi Catar Poltekim dan Poktekip bersih tanpa pungli.-Istimewa-

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah Kewarganegaraan 1 WN Tiongkok sebagai WNI

Sebagaimana diketahui, Seleksi penerimaan pegawai dan sekolah kedinasan menjadi agenda rutin bagi Kemenkumham.

Sekolah kedinasan dimaksud, yakni Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Pendaftaran calon taruna (catar) dua sekolah kedinasan ini telah dilakukan secara online sejak 15 Mei hingga 13 Juni 2024.

Pembukaan seleksi catar ini telah diresmikan melalui surat Pengumuman No. SEK-KP.02.04-167 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto. Pengumuman ini dapat diakses pada laman https://catar.kemenkumham.go.id/ .

Sebagai tambahan, pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai dan taruna/i sekolah kedinasan Kemenkumham menggunakan ABR (Aplikasi Bersih Rekrutmen) sebagai alat bantu pendukung dalam tahapan seleksi untuk mengidentifikasi perjokian.

ABR lahir dari hasil inovasi Reza Adityas Ananda selaku Biro SDM Sekretariat Jenderal Kemenkumham pada tahun 2023 yang dikembangkan secara mandiri dengan semangat menciptakan proses rekruitmen bersih, transparan dan menghindari praktik kecurangan peserta.

Keunggulan ABR yaitu dapat mendeteksi joki pada seleksi penerimaan pegawai yang telah dibuktikan dengan tertangkapnya 11 joki pada Tahun 2023 di 4 wilayah seleksi.

Dengan hadirnya ABR, diharapkan proses penerimaan pegawai dan sekolah kedinasan menjadi lebih transparan, objektif dan bersih dari praktik kecurangan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: