Inilah 4 Larangan Bulan Muharram yang Harus Diketahui Umat Islam

Inilah 4 Larangan Bulan Muharram yang Harus Diketahui Umat Islam

Inilah 4 Larangan Bulan Muharram yang Harus Diketahui Umat Islam --Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apa saja larangan bulan Muharram? 

Bulan Muharram ialah salah satu bulan mulia dalam ajaran Islam. Di bulan ini umat Islam disarankan untuk memperbanyak amalan kebaikan. Tidak hanya itu, ada juga beberapa larangan di bulan ini yang harus diketahui tiap muslim. 

Lalu apa saja larangan di bulan Muharram ini?

Muharram merupakan salah satu dari 4 bulan terhormat dalam ajaran Islam. Di bulan mulia ini umat muslim dilarang untuk berbuat dzalim.

Hal tersebut sebagaimana yang dipaparkan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

BACA JUGA:Mau Tahu 2 Amalan Agar Bisnis dan Usaha Selalu Lancar menurut Ustaz Abdul Somad? Begini Amalannya

Larangan di Bulan Muharram

1. Larangan Mendzalimi Diri Sendiri

Syekh Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili dalam kitab tafsirnya memberikan alasan di balik larangan Allah untuk melaksanakan pekerjaan dzalim pada bulan tersebut. Menurutnya semua balasan dari amal kebaikan serta kejelekan dilipatgandakan oleh Allah pada bulan-bulan tersebut.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan Syekh Wahbah Zuhaili dalam Tafsir al-Munir fil Aqidati was Syari'ati. wal Manhaji:

وَالْمُرَادُ النَّهْيُ عَنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِي بِسَبَبٍ مَا لِهذِهِ الْأَشْهُرِ مِنْ تَعْظِيْمِ الثَّوَابِ وَالْعِقَابِ فِيْهَا

Artinya "Yang diartikan (dari ayat larangan menzalimi diri sendiri), merupakan larangan dari semua bentuk maksiat dengan sebab apapun pada bulan-bulan haram ini, hal itu karena besarnya pahala serta siksaan di dalamnya." (Syekh Wahbah Zuhaili, Tafsir al-Munir fil Aqidati was Syari'ati. wal Manhaji, [Damaskus, Beirut, Darul Fikr], juz X, halaman 202)(2)

2. Larangan Berbuat Maksiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: