Kinerja PDAM Kabupaten Pekalongan Terus Meningkat, Ini Capaian Prestasinya Dalam Kurun Waktu 4 Tahun

Kinerja PDAM Kabupaten Pekalongan Terus Meningkat, Ini Capaian Prestasinya Dalam Kurun Waktu 4 Tahun

Direktur PDAM Kabupaten Pekalongan Nur Wachid-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Capaian kinerja Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kajen atau PDAM Kabupaten Pekalongan terus meningkat. 

Peningkatan itu tampak terjadi pada jumlah pelanggan, jumlah layanan, laba usaha, dan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Capaian kinerja di PDAM Kabupaten Pekalongan juga dibarengi dengan raihan sejumlah penghargaan yang diperoleh PDAM Kabupaten Pekalongan.

"Semoga kedepannya kinerja kita bisa lebih bagus lagi," ucap Direktur Perumda Tirta Kajen, Nur Wachid, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin, 29 Juli 2024.

Dijelaskan, untuk capaian pelanggan, per 30 September 2019, total pelanggan berjumlah 18.546 pelanggan. Sedangkan pelanggan yang masih aktif lebih kurang 16.195 pelanggan. Per 30 Juni 2024, jumlah pelanggan menjadi 32.316 sehingga meningkat sekitar 13.770 pelanggan atau 74,24 persen. 

Demikian juga capaian untuk pelanggan aktif, meningkat menjadi 27.795 sehingga peningkatannya 11.602 pelanggan atau 71,64 persen.

Baca juga:Beri Pelayanan Prima, PDAM Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan Luncurkan Aplikasi MyTika

Untuk capaian cakupan layanan PDAM di Kabupaten Pekalongan, kata dia, pada tahun 2019 hanya berada di 11 kecamatan. Sedangkan di tahun 2024, cakupannya semakin luas yakni di 13 kecamatan. 

Untuk capaian laba usaha, lanjut dia, tahun 2018 dibadingkan tahun 2023 mengalami kenaikan sekitar 254,98 persen. 

"Untuk capaian kontribusi PAD, dbandingkan tahun 2018, hingga tahun ini mengalami kenaikan sebesar 480,28 persen," jelas Nur Wachid.

Dikatakan, dalam pengelolaan perusahaan, PDAM Kabupaten Pekalongan juga dinilai kinerjanya. Penilaian itu berdasar KemenPUPR Nomor PW03.02-DC/227 dan BPSPAM Nomor 002/KPRS/K-6/LV/2010. Hasilnya, mulai tahun 2019 sampai 2023, mendapatkan penilaian Sehat.

"Dari Kemendagri juga memberikan penilaian. Penilaian yang dilakukan sejak tahun 2019 hingga 2023, PDAM Kabupaten Pekalongan mendapatkan hasil atau penilaian baik," kata dia.

Selama ini PDAM Kabupaten Pekalongan terus berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan kinerjanya. Kerja keras ini pun membuahkan prestasi sangat bagus. Diantaranya tahun 2020 memperoleh penghargaan Mitra dalam program peningkatan Sambungan Rumah (SR) melalui akses perpipaan oleh Perpamsi dan Water.org. 

Di tahun yang sama meraih penghargaan dalam Peningkatan Jumlah Pelanggan dan Kinerja Pelayanan dari Jawa Pos Radar Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: