Wujudkan Zero Halinar, Kamar Napi Lapas Pekalongan Kembali Digeledah, Puluhan Napi Dites Urine

Wujudkan Zero Halinar, Kamar Napi Lapas Pekalongan Kembali Digeledah, Puluhan Napi Dites Urine

Lapas Kelas IIA Pekalongan bersama TNI-Polri melakukan penggeledahan kamar hunian WBP Lapas Pekalongan, Selasa malam, 6 Agustus 2024.-Dok. Lapas Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Lapas Kelas IIA Pekalongan bersama TNI dan Polri kembali menggelar operasi penggeledahan di seluruh blok kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Pekalongan, Selasa malam, Agustus 2024.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 21.00 WIB tersebut, petugas juga melakukan tes urine terhadap puluhan WBP setempat.

Operasi penggeledahan ini dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIA Pekalongan Asih Widodo dan diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Pekalongan, dua personel Polri dari Polres Pekalongan Kota, dan satu personel TNI dari Kodim 0710 Pekalongan.

BACA JUGA:Petugas dan WBP Lapas Pekalongan Dites Urine BNNK Batang, Hasilnya Negatif Narkoba

BACA JUGA:Antisipasi Halinar, Petugas Gabungan Sidak Kamar Hunian dan Tes Urine di Rutan Pekalongan

Kalapas Pekalongan Asih Widodo menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberantas peredaran handphone, narkoba, dan barang terlarang lainnya (Halinar) yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Pekalongan.

Dalam penggeledahan tersebut, petugas gabungan tidak menemukan barang bukti narkoba maupun handphone di kamar hunian WBP.

Namun, petugas menemukan beberapa barang yang dilarang. Di antaranya: 3 buah gelas kaca; 7 buah gillette; 1 buah kaca cermin; 1 buah korek gas; 1 buah bohlam lampu; 7 buah sendok stainless; dan 1 buah kipas angin rusak.

Petugas juga menemukan 1 buah gunting; 1 buah batu; 1 buah gagang payung; 2 set kartu remi; 1 buah kabel antena; 1 buah pemotong kuku; 1 buah penggaris besi; dan 1 buah remote TV.

Sedangkan dari tes urine secara acak yang dilakukan terhadap 20 WBP, menunjukkan hasil negatif.

"Tidak ditemukan handphone, uang tunai, maupun narkoba selama operasi berlangsung. Hasil tes urine juga negatif," kata Kalapas.

Barang-barang yang ditemukan dalam penggeledahan tersebut selanjutnya akan didata dan dimusnahkan. Kegiatan penggeledahan bersama TNI/Polri di blok/kamar hunian dan tes urine WBP itu berlangsung dengan aman dan terkendali.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Gelar Apel Siaga 3+1 dan Penggeledahan Gabungan, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Jalani Bebas Bersyarat, 2 orang Warga Binaan Lapas Pekalongan Menjalani Tes Urine

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: