Kodim Pekalongan Tanam Padi Varietas Protani di Desa Kulu Pekalongan, Padi dengan Kandungan Protein Tinggi

Kodim Pekalongan Tanam Padi Varietas Protani di Desa Kulu Pekalongan, Padi dengan Kandungan Protein Tinggi

odim 0710 Pekalongan bersama Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan tanam padi varietas Protani di sawah demplot di Desa Kulu, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, Kodim Pekalongan bersama Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan tanam padi varietas Protani.

Padi varietas Protani ini ditanam di lahan demplot ketahanan pangan Kodim 0710 Pekalongan di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jumat, 23 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri para Danramil jajaran, perwakilan Polres Pekalongan, Babinsa, perwakilan Balai Penyuluh Pertanian, Kepala Desa Kulu Setyo Nimpuno beserta perangkat, mahasiswa Fakultas Pertanian Unikal, dan para petani Desa Kulu.

Dandim Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, mengatakan, padi varietas Protani merupakan salah satu jenis padi unggul yang tinggi protein. Untuk itu, padi jenis ini sangat baik dikonsumsi terutama untuk penanganan stunting. 

"Kali ini kita uji coba di lahan demplot seluas 2 hektar dengan penyemaian 50 kilogram bibit," ucap Dandim Pekalongan. 

Baca juga:Babinsa Koramil Doro Lakukan Pendampingan Tanam Padi di Desa Kalimojosari

"Harapan kedepan hasilnya bagus dan akan kita lanjutkan bersama para petani sehingga akan berkembang ke daerah lainnya," ujar dia. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan, Ari Lailani memberikan apresiasi kepada Kodim 0710 Pekalongan beserta jajarannya yang telah mendukung ketahanan pangan dengan membuat demplot penanaman padi jenis Protani.  

Ia berharap nantinya dengan demplot ini varietas padi Protani dapat berkembang di seluruh Kabupaten Pekalongan.

"Terima kasih kepada Bapak Dandim, kedua kalinya Kodim Pekalongan membuat demplot Protani, dulu yang pertama di Wonopringgo dan kali ini di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar," kata dia.

"Semoga hasilnya meningkat sehingga dapat mendukung ketahanan pangan Kabupaten Pekalongan," lanjut dia.

Sementara itu, perwakilan dari Kementerian Pertanian, Tiur Silalahi, juga memberikan apresiasi kepada Kodim Pekalongan dan Dinas Pertanian Kabupaten Pekalongan atas penanaman padi Protani. 

Ia mengatakan, padi Protani merupakan jenis nutri zinc atau beras kesehatan yang bagus dikonsumsi buat ibu hamil, menyusui dan penderita stunting. 

Menurutnya, dalam menjaga ketahanan pangan, salah satu solusi yang dilakukan Kementerian Pertanian adalah membuat pompanisasi dan rice mill. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: