Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Pekalongan Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025

Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Pekalongan Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025

Polres Pekalongan melaksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 di Jalan Mandurorejo, Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jumat pagi, 23 Agustus 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sebagai kesiapan dalam menghadapi tahapan Pilkada Serentak 2024, Polres Pekalongan melaksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 di Jalan Mandurorejo, Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jumat pagi, 23 Agustus 2024.

Kapolres Pekalongan AKBP Doni Prakoso Widamanto memimpin langsung jalannya upacara gelar pasukan tersebut.

Dalam amanatnya, Kapolres Pekalongan AKBP Doni menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk kesiapan dalam menghadapi seluruh rangkaian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati serentak.

"Terkait dengan persiapan Pilkada 2024-2025, dari Polres Pekalongan sendiri sudah melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2024, dimana telah dilakukan pengecekan dan kesiapan dari sarana prasarana, personil maupun perlengkapan yang digunakan," tutur Kapolres Pekalongan.

Disamping itu, Kapolres Pekalongan berharap, pelaksanaan Pilkada nanti khususnya di Kabupaten Pekalongan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. 

Baca juga:Polres Pekalongan Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025, Siap Amankan Pilkada 2024

Menurutnya, kesuksesan kegiatan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pekalongan, bukan hanya tanggung jawab Polri saja.

"Tetapi merupakan tanggung jawab semua sebagai unsur masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan," terang Kapolres.

Terkait dengan kerawanan, AKBP Doni menuturkan belum ada hal-hal yang perlu diberikan penekanan atau perhatian khusus, namun pihaknya sudah menyiapkan dengan segala kemungkinan potensi gangguan misalnya gangguan bencana alam dan lain sebagainya.

"Itu sudah kita antisipasi dan kita koordinasikan dengan stakeholder terkait untuk memberikan solusinya," ungkapnya.

Sementara itu, apabila terjadi penyampaian pendapat di muka umum, Kapolres Pekalongan meminta untuk melaksanakan sesuai dengan aturan.

"Penyampaian pendapat di muka umum termasuk bagian dari demokrasi, dan kita Polri maupun TNI harus bisa menjaga atau menjaga dan mengamankan pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Jadi kalau ada penyampaian pendapat di muka umum, kita sarankan untuk melaksanakan sesuai dengan aturan dan kewajiban kita adalah untuk mengamankan dan melindunginya," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, AKBP Doni selaku Kapolres Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota TNI, Polri, instansi terkait, maupun unsur-unsur masyarakat, yang terlibat langsung maupun tidak langsung selama tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan,yang mana wilayah hukum Polres Pekalongan masih tetap aman dan kondusif.

"Situasi kondisi seperti ini harus dapat kita pertahankan sampai dengan selesainya seluruh tahapan Pilkada," ujar Kapolres Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: