Gaungkan Toleransi Lewat Karya, FKUB Ajak Pelajar Batang Jadi Agen Moderasi Beragama

Gaungkan Toleransi Lewat Karya, FKUB  Ajak Pelajar Batang Jadi Agen Moderasi Beragama

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki saat menyerahkan juara lomba film pendek FKUB-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten BATANG mengajak pelajar BATANG menjadi agen Moderasi Beragama. Pelajar di BATANG diharapkan dapat menggaungkan toleransi, di tengah maraknya kelakuan anarkis pelajar.

Salah satunya dengan menggelar Lomba Film Pendek, yang menjadi media untuk menanamkan dan membiasakan toleransi kerukunan umat beragama. 

"Total ada sekitar 18 tim dari pelajar SMP/SMA sederajat dan umum. Kami harap dengan karya film pendek mereka, bisa semakin mendorong mereka untuk menggaungkan toleransi umat beragama di Batang. Apalagi saat ini banyak pelajar yang berlaku anarkis," jelas Ketua FKUB Kabupaten Batang, M Subkhi saat diwawancarai dalam Pembinaan Moderasi Beragama di Pendopo Kabupaten Batang, Selasa 17 Septermber 2024. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Suap Seleksi Penerimaan Perangkat Desa, Polres Batang Tahan Mantan Camat Blado

Pj Bupati Batang Lani Dei Rejeki, turut mengapresiasi karya dari para pelajar. Terlebih film yang dibuat mengandung pesan moral. Khususnya agar remaja bisa mengisi waktu untuk kegiatan yang positif, yang memberikan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Saya yakin karya 18 peserta ini semuanya baik, semuanya mempunyai pesan moral yang baik. Sehingga kegiatan semacam ini saya minta kepada FKUB untuk terus lakukan koordinasi dengan OPD terkait. Sehingga kreasi ini bisa memberdayakan pelajar untuk mengisi waktu luang, dengan kegiatan positif. 

BACA JUGA:5 Restoran Low Budget dan Super Enak di Batang yang Cocok untuk Keluarga

"Jangan terpengaruh oleh anak-anak lain mungkin dari sekolah lain dari daerah lain yang mengajak untuk berbuat yang tidak baik anak-anakku.  Akhir-akhir ini sering kali terjadi kemakalan yang dilakukan oleh para pelajar, baik SLTP maupun SLTA tawuran dengan membawa senjata tajam," pintanya. 

Dalam kesempatan ini turut diserahkan hadiah bagi 6 film pendek terbaik. Yakni juara 1 dengan judul Membuka Jalan Karya SMAN 1 Wonotunggal. Kemudian juara 2 dengan judul Lentera Pelangi Karya SMA N 2 Batang. Selanjutnya Juara 3 dengan judul Perbedaan Bukan Penghalang Karya SMK Bardan Wasalaman. 

BACA JUGA:Tekan Angka Golput, KPU Batang Gelar Edulection Tour Gandeng Lima Komunitas

Turut diberikan pula hadiah untuk juara harapan untuk karya dari  MTs Daarul Ishlah Bandar, SMK N 1 Kandeman dan  MTs Muhammadiyah Batang. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: