Pandemi, Masyarakat Manfaatkan Layanan Kependudukan Online

Pandemi, Masyarakat Manfaatkan Layanan Kependudukan Online

DIBANTU - Salah satu warga saat memanfaatkan layanan kependudukan online dibantu operator Disdukcapil Batang

BATANG - Di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat Batang memanfaatkan layanan kependudukan online yang sudah disediakan Disdukcapil setempat. Pelayanan daring dilakukan untuk meminimalisir potensi penyebaran corona.

Sebab layanan di portal http://dispendukcapil.batangkab.go.id/ itu bisa mengurangi aktivitas pelayanan tatap muka di kantor. Mereka cukup mengaksesnya dari rumah.

"Ada 22 jenis layanan kependudukan yang bisa dilayani lewat online. Kecuali untuk KTP dan KIA, memang masih dilakukan semi online, karena masih diharuskan perekaman. Namun untuk akta kelahiran, kematian dan lainnya bisa diakses secara online melalui website kami," terang Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rokhman, Selasa (9/6/2020).

Dijelaskan, di dalam website ini juga tersedia berbagai informasi. Seperti statistik permohonan layanan dokumen harian, dan informasi persyaratan apa saja yang dibutuhkan ketika akan membuat dokumen kependudukan. "Jadi sebelum daftar mereka sudah tahu apa saja syaratnya, sehingga ketika mendaftar sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan," imbuhnya.

Sementara untuk menyambut new normal, pelayanan kependudukan di tingkat kecamatan juga sudah diaktifkan kembali. Namun memang untuk pelayanan baik di kantor Disdukcapil maupun di operator kecamatan, pihaknya melakukan pembatasan layanan. "Khusus untuk pengambilan dokumen kependudukan akan dilayani di hari Senin dan Jumat," imbuhnya.

Untuk masyarakat yang tidak bisa mengakses internet, Disdukcapil pun menyiapkan operator layanan online di kantor. Nantinya para operator akan membantu melakukan pendaftaran layanan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: