Pohon Hutan Kota di Pekalongan Tumbang Timpa Rumah Warga, Ibu dan 4 Anak Luka-luka Terkena Puing-puing Rumah

Pohon Hutan Kota di Pekalongan Tumbang Timpa Rumah Warga, Ibu dan 4 Anak Luka-luka Terkena Puing-puing Rumah

Pohon besar di hutan kota milik Pemkab Pekalongan di belakang Dinas Pariwisata tumbang menimpa rumah warga. Lima penghuni rumah alami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Pohon sengon berukuran besar di hutan kota kompleks Pemkab Pekalongan tumbang hingga timpa rumah warga di Perumahan Korpri RT 02 RW 08 Desa Tanjungsari Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Jumat malam, 4 Oktober 2024.

Akibat kejadian pohon tumbang itu, lima penghuni rumah tersebut mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan bangunan rumah. Kelimanya dilarikan ke RSUD Kajen untuk menjalani perawatan.

Kelima korban dalam peristiwa tumbangnya pohon di hutan kota milik Pemkab Pekalongan ini adalah Noorvita Avridiana (33), dan keempat anaknya yang bernama Zahira Marwa Ahmad (11), pelajar kelas IV SD, Sania Ramadhani (10), pelajar kelas V SD, Elfatan Ahmad (7), pelajar kelas tiga, dan anak keempatnya yang masih balita bernama Nabil Gifari Ahmad (2).

Kejadian pohon tumbang ini pun ramai di media sosial. Dalam unggahan di medsos, seorang laki-laki yang mengaku sebagai adik kandung dari korban menyebutkan rumah mbakyu (kakak) yang berada di belakang hutan kota atau di belakang Dinas Pariwisata Kabupaten Pekalongan, ada pohon besar roboh menimpa rumah kakaknya tersebut.

Baca juga:Kajen - Karanganyar Porak Poranda Dihajar Puting Beliung

"Mbak saya punya empat anak. Empat-empatnya luka semua. Perumahan ini tepat di belakang hutan kota milik kabupaten, deket dengan Alun-alun Kajen," kata laki-laki itu dalam unggahan di medsosnya tersebut. 

Disebutkan, pohon besar yang tumbang ini adalah pohon dari hutan kota. Menurutnya, orang-orang di perumahan tersebut sudah melaporkan beberapa kali secara lisan keberadaan pohon besar yang rawan tumbang itu. Namun, laporan lisan itu tidak ditindaklanjuti hingga pohon itu benar-benar tumbang dan menimpa rumah warga.

"Orang-orang perumahan termasuk mbakyu saya sudah melaporkan secara lisan beberapa kali kalau pohon ini kalau ada angin gede itu serasa mau tumbang tapi jawabannya selalu dilempar-lempar seolah-olah menyepelekan sampai akhirnya pohon gede ini tumbang beneran, padahal tidak ada angin, tidak ada hujan," ujar dia. 

"Rumah mbak saya hancur, anak-anaknya luka fisik maupun psikis. Kami berharap semoga ada tindak lanjut dari dinas terkait," lanjut dia.

Baca lagi:Jumpai Pohon Tumbang saat Patroli, Polsek Kajen dan Warga Gotong-royong Evakuasi Pohon Tumbang di Linggoasri

Kapolsek Kajen AKP Turhan, menerangkan, pada hari Jumat, 4 Oktober 2024, pukul 20.21 WIB, Polsek Kajen menerima laporan adanya pohon tumbang yang menimpa sebuah rumah warga yang berlokasi di komplek perumahan Korpri di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen. Pohon yang tumbang jenis sengon dengan diameter 1 meter dan tinggi sekitar 15 meter.

Disebutkan, korban bernama A Romdhon (50), warga Perumahan Korpri RT 02 RW 08 Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen.

Dalam kejadian itu, penghuni rumah mengalami luka-luka. Yakni istri korban bernama Noorvita Avridiana (33) dan keempat anaknya yang bernama Zahira Marwa Ahmad (11), Sania Ramadhani (10), Elfatan Ahmad (7), dan Nabil Gifari Ahmad (2).

Menurutnya, pada hari Jumat, sekira pukul 18.30 WIB, korban pergi untuk mencari lauk makan malam keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: