Lagi Lagi Gara-gara Puntung Rokok, Kebakaran Lahan Terjadi di Desa Tanjungkulon

Lagi Lagi Gara-gara Puntung Rokok, Kebakaran Lahan Terjadi di Desa Tanjungkulon

Damkar Kabupaten Pekalongan dan Polsek Kajen padamkan kebakaran lahan di Desa Tanjungkulon.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.IDKebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Pekalongan. Kali ini di lahan kosong di Desa Tanjungkulon. Penyebabnya akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Kebakaran lahan kosong di Dukuh Tanjung, Desa Tanjungkulon, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, terjadi pada Kamis, 17 Oktober 2024. Diketahui, lahan tersebut berada di komplek Perumahan Kajen Permai Indah.

Kapolsek Kajen AKP Turkhan, saat dikonfirmasi, mengatakan, kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB pada area lahan kosong dengan banyak rumput kering, sehingga dengan mudah api menyebar.

Ia mengatakan, berkat informasi dari perangkat Desa Tanjungkulon dan gerak cepat dari petugas Kepolisian dan Damkar Kabupaten Pekalongan, api dapat segera dipadamkan.

Baca juga:Diduga Akibat Puntung Rokok, Kebakaran Lahan Terjadi di Desa Gejlik Pekalongan

“Kita bersinergi dengan petugas Damkar bergerak cepat guna mengantisipasi meluasnya kobaran api," kata dia.

Kebakaran lahan di desa itu dapat dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan tidak ada kerugian materiil karena yang terbakar hanya rumput kering pada lahan kosong.

AKP Turkhan menyampaikan, untuk penyebab sementara, kebakaran itu diduga karena adanya seseorang yang membuang puntung rokok masih dalam keadaan menyala di tumpukan rumput kering.

Kapolsek Kajen mengimbau kepada warga masyarakat untuk berhati-hati dan waspada akan bahaya kebakaran di musim kemarau ini. 

“Hindari membakar sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan yang berpotensi merembet dan meluasnya area kebakaran pada lahan kosong," pesan dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: