Tikus Mengganas, Panen Petani Turun

Tikus Mengganas, Panen Petani Turun

KAJEN - Beberapa pekan terakhir hama tikus mulai mengganas menyerang pertanian warga. Akibatnya hasil panen pertanian tidak begitu maksimal.

Adapun serangan hewan pengerat menyerang area pertanian di wilayah Kecamatan Kesesi Kajen dan sekitarnya. Padahal sebelum diserang hama tikus kondisi padi dan lainnya cukup baik.

"Musim panen kali ini cukup was was, sebab terakhir ini ada serangan hama tikus, " kata Arjo petani asal Kecamatan Kesesi.

Diterangkan, serangan hama tikus bisa membuat gagal panen karena sulit ditanggulangi. Untuk mengantisipasi serangan hama tikus para petani sudah melakukan berbagai cara, diantaranya dengan menyemprot menggunakan pewangi pakaian, penyebaran kapur barus bahkan cara terakhir adapula menggunakan Jenset.

"Berbagai cara dilakukan supaya terhindar dari serangan tikus. Melalui penyemprotan secara rutin tiap dua hari sekali, dan cara terakhir dijenset serta menggunakan mercon atau belerang menggunakan gas, " lanjutnya.

Menurutnya serangan hama tikus mulai mengganas pada musim panen pertama 2022,sedangkan sebelumnya tidak begitu parah.

Senada disampaikan Robek warga Kecamatan Kajen. Kata dia, kali ini serangan tidak pada tanaman padi melainkan ketela pohon.

"Saya menanam ketela pohon saja habis, apalagi padi. Serangan tikus mulai muncul pada bulan Juni ini, ya mudah mudahan tidak sampai terlalu lama, " ungkapnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: