52 Pendaftar Calon Bintara Ikuti Tes Rikmin Awal

52 Pendaftar Calon Bintara Ikuti Tes Rikmin Awal

*Di Polres Pekalongan Kota

KOTA - Polres Pekalongan Kota melaksanakan tes Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal penerimaan anggota Bintara Polri tahun 2020 di aula mapolres setempat, Jumat (21/8/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 52 orang pendaftar yang sebelumnya telah mengirimkan berkas pendaftarannya. Berkas pendaftaran tersebut kemudian diperiksa oleh panitia lokal bersama tim internal maupun eksternal.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, melalui Kabag Sumda Kompol Sapari, menjelaskan bahwa pelaksanaan tes dari awal sudah melibatkan pengawas internal dan eksternal diantaranya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) dan Dinas Pendidikan (Dindik).

Kompol Sapari menuturkan bahwa tes Rikmin Awal digelar selama satu hari. Ditegaskan pula bahwa pelaksanaan Rikmin Awal ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, guna mencegah kerumunan, pelaksanaan Rikmin Awal dibagi dalam tiga gelombang.

Total ada 52 pendaftar, dan untuk tes Rikmin Awal ini dalam satu hari kita bagi menjadi tiga gelombang yaitu 20 peserta pada pukul 08.00-10.0WIB, 20 peserta pada pukul 10.00-12.00 WIB, dan 12 peserta pada pukul 13.00-14.30 WIB.

"Kita laksanakan tes dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, yaitu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan aula, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak serta wajib menggunakan masker," terang Kabag Sumda.

Ditambahkan Kabag Sumda, Tes Rikmin Awal dilaksanakan setelah pelaksaan penandatanganan Pakta integritas yang dilaksanakan baik oleh panitia, pengawas maupun orang tua dan peserta.

"Hal tersebut untuk menjamin seluruh tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri jauh dari praktik korupsi kolusi dan nepotisme dan tidak dipungut biaya dengan memegang teguh prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis atau dikenal dengan prinsip BETAH, serta Clear & Clean," pungkas Kompol Sapari. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: