Catur Andriansah Ramaikan Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Diikuti 1000 Trabasser Jateng-DIY

Minggu 01-10-2023,20:43 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Catur Andriansah ramaikan Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Minggu, 1 Oktober 2023. Kegiatan trabas ini dilepas dari Lapangan Kecamatan Kesesi dan diikuti oleh 1000 trabasser dari Jateng-DIY.

Catur Andriansah menyambut baik acara Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan. Selain untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh pecinta trabas, kegiatan trabas kamtibmas selama ini mampu mendekatkan jajaran kepolisian dengan masyarakat sekitar hutan.

Dengan kegiatan rutin trabas kamtibmas diharapkan mampu menekan gangguan kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, khususnya di wilayah sekitar hutan yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat. 

Bahkan, dengan kegiatan trabas kamtibmas di wilayah pinggiran hutan Kesesi, peserta trabas kamtibmas yang lihai mengendarai motor trail menemukan titik kebakaran hutan di tengah hutan jati. Sehingga kebakaran lebih luas bisa diantisipasi.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan beri bantuan bibit mangga untuk kegiatan penghijauan saat Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan.-Hadi Waluyo-

"Saya menyambut baik acara trabas kamtibmas Polres Pekalongan. Semoga acara berjalan dengan lancar dan hasil maksud," ujar politisi Partai Gerindra ini. 

Baca juga:Jelajahi Hutan dengan Tim Trabas Kamtibmas, Kapolres Pekalongan Temui Kebakaran Hutan

Baca lagi:Antisipasi Karhutla, Trabas Kamtibmas Jelajah Hutan Digelar Polres Pekalongan

Apalagi, lanjut Catur, kegiatan tersebut disertai dengan penanaman pohon dan bakti sosial. Sehingga disambut masyarakat dengan baik. "Ini pesertanya luar biasa juga, dapat menghibur masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Kesesi.

Sebanyak 1000 trabasser dari berbagai daerah seperti Kabupaten Pekalongan, Pati, Banyumas, Kebumen, Brebes, Yogyakarta, Temanggung, Magelang, Pemalang, Batang, Kendal, Kota Pekalongan, dan Semarang mengikuti trabas Kamtibmas yang diselenggarakan oleh Polres Pekalongan kali ini.

Trabas kamtibmas Polres Pekalongan pagi tadi mengambil start dari lapangan kecamatan Kesesi. Untuk rutenya menjelajahi hutan Kesesi yang menantang adrenalin.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, mengatakan, trabas kamtibmas ini dalam rangka mendekatkan Polri dengan masyarakat. Tak hanya itu saja, menurutnya, kegiatan ini juga dalam rangka patroli hutan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengingat saat ini masih sering terjadi kebakaran hutan.

"Kita juga ingin mengayu bagyo dengan komunitas pecinta trabas. Kegiatan ini juga kita kemas dengan acara penanaman pohon dan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan semen untuk pembangunan masjid di Desa Ujungnegoro. Kapolres menegaskan, dalam kegiatan ini yang paling penting yaitu cooling system.

"Di wilayah kita sudah sering terjadi kebakaran baik hutan ataupun lahan. Maka dari itu, melalui kegiatan ini bisa menjadi bisa menambah kesadaran kita untuk selalu melestarikan hutan dan lingkungan dengan mencegah karhutla," ungkapnya.

Kategori :