Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Love Bombing, Lepaskan Diri Dari Jerat Manipulasi

Sabtu 28-10-2023,11:21 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Bersikap Tegas

Sikap tegas adalah salah satu usaha mengatasi love bombing yang sangat efektif. Ini karena kamu sudah memiliki sikap yang jelas dan bersikeras untuk tidak mengorbankan dirimu demi orang lain.

Ketika kamu sudah mantap untuk memutus hubungan kalian, maka kamu tidak akan mundur lagi. Dan ini mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan, di mana kamu tidak akan menoleh lagi ke arahnya.

Namun, kamu tetap bisa melakukannya. Tanamkan dalam dirimu bahwa jika kamu bersikap tidak tegas, maka kamu akan menyesali suatu kesalahan untuk tidak lepas dari si manipulatif.

Tutup Saluran Komunikasi

Bisa jadi, saat kamu sudah berusaha menghindar sekalipun, dia tetap menghubungimu dan berakhir meluluhkanmu kembali. Maka, menutup saluran komunikasi dengannya merupakan hal yang sangat perlu. Jangan ragu untuk memblokir nomornya bahkan hingga sosial medianya. 

Baca juga Jangan Pasrah! Ini 5 Bahaya Love Bombing, Jadikan Alasan untuk Mengambil Langkah

Utamakan Dirimu Sendiri

Membiarkan pelaku berkuasa atas dirimu dan tidak segera mengatasi love bombing bukanlah hal yang bijak. Dalam situasi ini, sama saja kamu sedang mengorbankan kondisi mentalmu, sebab banyak korban yang menjadi trauma karena perlakuan ini.

Maka, cobalah untuk mengutamakan dirimu sendiri di atas segalanya yang terjadi di antara kalian. Fokuskan mimpimu tanpa ada dirinya di dalamnya, bermain sesukamu dengan siapa pun yang kamu mau, lakukan hobimu dan jangan biarkan dirimu terperangkap dengan ketidakberdayaan. 

Bahagiakan dirimu sendiri, dan kamu akan lebih mudah untuk keluar maupun mengatasi trauma yang kamu dapatkan dari love bombing atau toxic relationship.

Cari Support System

Tidak hanya tentang dirimu, mengatasi love bombing juga membutuhkan dukungan orang-orang di sekitarmu mulai dari teman, sahabat, hingga keluarga.

Jika kamu merasa perlu, menjadikan profesional sebagai support system dalam hal ini juga bukan hal yang salah apalagi berlebihan.

Adanya support system membuat hidupmu tidak hanya berputar pada pasangan yang membuatmu semakin sulit untuk melepaskan diri darinya.

Itulah beberapa hal mendasar yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi love bombing dan mendapatkan hubungan yang lebih sehat. (*)

Kategori :