Ingin Memiliki Tubuh Sehat dan Kuat? Inilah 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Wajib Diketahui

Sabtu 11-11-2023,01:00 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

4. Tahu

Selain susu, ikan, sayuran hijau, kalian juga  bisa mengonsumsi tahu untuk terhindar dari osteoporosis. Karena tahu ini mengandung zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, serta berbagai vitamin seperti vitamin A, C, D, dan B6.

Semua kandungan tersebut tentunya berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan kekuatan massa tulang akan ketika masa tua nanti dapat terhindar dari osteoporosis.

5. Kacang Kedelai

Jenis makanan untuk menurunkan risiko osteoporosis yang lainnya adalah kacang kedelai. Kacang kedelai kaya akan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Beberapa vitamin yang terkandung di dalam kacang kedelai ini antara lain vitamin B, vitamin D, dan vitamin D. Selain vitamin, susu kedelai ini juga mengandung isoflavon, dan phytoestrogen yang mampu meninngkatkan kekuatan tulnag dan sendi.

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu! Ini Dia Cara Mencegah Osteoporosis sejak Dini, Hindari Selagi Bisa!

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis yang Mudah dan Aman Dilakukan Segala Umur

6. Roti

Jenis makanan untuk mencegah osteoporosis yang terkahir adalah roti. Roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama.

Namun selain mengandung karbohidrat, roti juga mengandung vitamin B1, B2. zatbesi, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulng.

Jadi, tidak hanya dapat mencegah osteoporosis saja, namun roti juga dapat menjadi salah satu cara untuk progam diet.

Itulah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah osteoporosis. Namun, selain menjaga pola makan, kalian juga perlu melakukan aktivitas fisik untuk mencegah risiko osteoporosis.

Selain mengonsumsi asupan nutrisi dalam makanan, bagi kalian pasien osteoporosism, mungkin kalian juga akan diresepkan suplemen kalsium dan vitamin D, serta perawatan obat osteoporosis untuk memenuhi asupan nutrisinya. (*)

Kategori :