Jaga Tulang Anak agar Selalu Kuat, Inilah 7 Makanan Tinggi Kalsium untuk Si Kecil

Sabtu 25-11-2023,16:13 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi Si Kecil. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting. Di antaranya adalah protein, folat, mangan, magnesium, serat, dan lemak jenuh.

Beberapa contoh kacang-kacangan yang mengandung kalsium adalah kacang kedelai, kacang almond, biji wijen, lentil, kacang tanah, dan biji chia. Berikan kacang-kacangan sebagai camilan atau sebagai topping pada makanannya ya, Bun.

3. Susu

Makanan tinggi kalsium untuk Si kecil selanjutnya adalah susu. Seperti yang sudah kita ketahui, susu merupakan minuman yang mengandung Kalsium tinggi.

Lebih baik lagi, minuman yang sering memiliki berbagai macam rasa ini juga mengandung Kalium, Fosfor, dan Vitamin B2 atau Riboflavin yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan antibodi.

Tidak hanya itu, masih ada berbagai macam kebaikan susu yang bisa didapatkan Si Kecil dengan rutin mengonsumsi susu setiap hari.  

4. Keju

Produk olahan susu yang satu ini sangat mudah ditemukan. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari mini market terdekat hingga hypermarket di pusat perbelanjaan.

Enaknya lagi, keju bisa diolah dengan berbagai makanan lain, seperti roti, sayur, dan lauk pauk, tergantung selera. Bahkan, jika Si Kecil menyukainya, ia bisa mengonsumsi keju secara langsung tanpa tambahan apapun.

Makanan ini dapat dikonsumsi saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan ke atas atau saat mulai mengonsumsi menu MPASI.

Jika Si Kecil alergi terhadap susu dan produk olahannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya. 

5. Yogurt

Seperti keju, yogurt juga bisa menjadi salah satu pilihan sumber kalsium untuk Si Kecil. Bagusnya lagi, produk olahan susu ini juga mengandung Protein, Vitamin A, Kalium, dan lainnya. Dalam satu porsi yogurt, terdapat kalium yang sama dengan pisang lho, Bun.

Saat pertama kali memberikan yogurt pada Si Kecil, mungkin bayi tidak suka karena rasanya yang cukup asam. Cobalah mengkombinasikannya dengan aneka buah yang sudah dipotong kecil-kecil.

BACA JUGA:Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang, Cocok untuk Remaja hingga Lansia

Kategori :