Jaga Tulang Anak agar Selalu Kuat, Inilah 7 Makanan Tinggi Kalsium untuk Si Kecil

Sabtu 25-11-2023,16:13 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

6. Kaldu

Makanan yang mengandung kaldu, seperti sup ayam. Selain dapat mengurangi gejala flu dan demam, kaldu juga mengandung Kalsium, Magnesium, dan juga berbagai mineral lainnya. Umumnya, kaldu dapat dibuat dari daging atau tulang ayam dan sapi.

Sebaiknya kamu tidak memberikan kaldu instan pada si kecil. Kamu bisa membuat kaldu sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan merebus kurang lebih 2 kg daging atau tulang dalam 2 liter air hingga larut dalam waktu yang cukup lama, sehingga kandungan Mineral dan Kalsiumnya larut dalam air yang warnanya mulai keruh. 

Kemudian, saring kaldu tersebut sebelum dikonsumsi atau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya. Memang sedikit merepotkan. Namun, hal ini dapat mengurangi risiko anak mengonsumsi bahan kimia dalam kaldu kemasan.

7. Sayuran Hijau

Makanan tinggi kalsium untuk Si kecil yang terakhir adalah sayuran hijau. Bayam, brokoli, pokcoy dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber Kalsium yang dibutuhkan Si Kecil. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan kandungan Folat, Vitamin A, C, E, dan K, serta B kompleks.

Jadi, Si Kecil bisa mendapatkan berbagai banyak manfaat jika mengonsumsi sayuran hijau. Selain sayuran, kamu juga bisa memberikan buah berkalsium tinggi seperti kiwi. Dalam 100 gram kiwi, setidaknya mengandung sekitar 31 mg kalsium.

BACA JUGA:Mengandung Kalsium, Inilah Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Gigi Anak

Itulah makanan tinggi kalsium untuk Si kecil yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tumbuh kembangnya. (*)

 

Kategori :