Tidak Bisa Ditebak! Ini 3 Rekomendasi Novel Sejarah yang Bikin Belajar Sejarahmu Jadi Seru

Minggu 10-12-2023,17:45 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Era ini ditandai dengan adanya kekeringan yang sangat panjang hingga membuat usaha petani dan peternak di tahun 1930-an mati.

Novel ini berfokus pada tokoh perempuan bernama Elsa. Dia merupakan salah satu dari banyaknya perempuan yang pada masa itu dihadapkan pada pilihan untuk bertahan di lahan yang mereka punya atau pindah ke California untuk mengadu nasib.

BACA JUGA Lengkap dengan Ciri dan Contohnya! Ini Pengertian Novel Sejarah yang Perlu Kamu Tahu

The Paris Library Karya Janet Skeslien Charles

Perang Dunia II merupakan salah satu periode sejarah di dunia yang mengubah banyak tatanan kehidupan manusia. Janet mengangkat periode sejarah yang satu ini ke dalam novelnya dengan mengangkat salah satu sisi uniknya.

Sisi unik tersebut adalah The Paris Library.

Melalui novelnya, Janet bercerota tentang seorang perempuan muda di tahun 1939 yang bekerja di sebuah perpustakaan di Paris. Saat perang pecah, ia memilih menjadi bagian dari Resistance untuk membantu Prancis melawan Nazi. Kisahnya diulik saat ia sudah berusia senja oleh salah seorang tetangganya di tahun 1980-an. 

Setiap karakter dalam novel yang ditulis Janet ini memang sepenuhnya fiksi, tetapi beberapa latar dan kejadian sejarah di dalamnya merupakan suatu fakta yang terjadi di dunia nyata.

Sebagai pengetahuan yang lebih mendalam untuk pembaca, novel ini juga dilengkapi berbagai catatan kaki dan referensi bacaan yang memfasilitasi pembacanya untuk belajar sejarah lebih jauh lagi.

Itulah beberapa rekomendasi novel sejarah fiksi yang sangat seru sekaligus bisa kamu jadikan bahan untuk belajar sejarah. Tertarik untuk membacanya? (*)

Kategori :