Berlatar Peristiwa Sejarah, 3 Novel Ayu Utami Ini Akan Memikatmu Kekayaan Fakta Sejarah di Dalamnya

Rabu 13-12-2023,10:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Menjadi lanjutan dari kisah dalam novel Saman, novel Ayu Utami yang satu ini bercerita tentang periode sejarah penghujung masa Orde Baru. 

Ayu Utami mengisahkan seorang larung Lanang dengan masa lalu kelamnya. Dia mencoba membantu para aktivis mahasiswa golongan kiri untuk melarikan diri dari kekejaman rezim militer. Aksinya ini dijalankan bersama Saman.

Sebagaimana Saman, Larung juga merupakan seorang sosok misterius yang menyisakn tanda tanya besar bahkan sampai halaman akhir novel ini.

Sebagai pembaca, kamu akan dibuat bertanya-tanya, apakah sebenarnya Larung merupakan intel yang menyamar atau semata aktivis sebagaimana Saman.

BACA JUGA Tidak Bisa Ditebak! Ini 3 Rekomendasi Novel Sejarah yang Bikin Belajar Sejarahmu Jadi Seru

Manjali dan Cakrabirawa

Dalam novel yang satu ini, Ayu Utami menceritakan kisah petualangan dengan beberapa aktor yakni Parang Jati, Marja Manjali, dan Sandi Yuda.

Perjalanan mereka dalam menyusuri candi makam yang baru ditemukan di Dukuh Girah, kaki timur Gunung Lawu diceritakan dengan sangat menarik.

Kamu akan bertemu dengan berbagai kebetulan yang menimpa para tokoh dan membuatmu bertanya-tanya tentang misteri apa yang disimpan di baliknya.

Kebetulan tersebut di antaranya adalah kesamaan nama putri Calwanarang, Ratna Manjali dengan nama Marja Manjali. Lebih jauh lagi, bahkan ditemukan makam salah satu anggota kelompok militer Cakrabirawa yang dibantai di peristiwa G30S.

Membaca novel ini akan membuatmu tertantang dari satu bab ke bab selanjutnya.

Itulah beberapa novel Ayu Utami yang sangat direkomendasikan untuk kamu baca. Jadi, tertarik untuk membaca novel yang mana? (*)

Kategori :