Tidak Bisa Ditebak! Ini 3 Rekomendasi Novel Sejarah yang Bikin Belajar Sejarahmu Jadi Seru

Tidak Bisa Ditebak! Ini 3 Rekomendasi Novel Sejarah yang Bikin Belajar Sejarahmu Jadi Seru

Tidak Bisa Ditebak! Ini 3 Rekomendasi Novel Sejarah yang Bikin Belajar Sejarahmu Jadi Seru--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Sebagaimana kategorinya, novel sejarah merupakan karya sastra fiksi yang dibumbui dengan periode sejarah tertentu.

Oleh karenanya kamu juga bisa belajar sejarah salah satunya dari rekomendasi novel sejarah yang akan disajikan dalam artikel ini.

Kebanyakan novel sejarah fiksi biasanya mengangkat tragedi yang memiliki pengaruh besar terhadap peradaban manusia, misalnya di kancah dunia adalah Perang Dunia atau masa kolonial Belanda atau Orde Baru jika berbicara secara spesifik tentang sejarah Indonesia/

Setelah membaca novel sejarah fiksi seperti ini, tidak jarang pembaca semakin penasaran dan menjadi tertarik untuk belajar sejarah dari peristiwa tersebut dengan lebih serius. Itulah mengapa novel sejarah fiksi dikatakan merupakan salah satu media belajar sejarah yang efektif.

Bagimu pecinta sejarah yang ingin banyak belajar tentang berbagai tragedi di masa lampau, artikel ini akan menyajikan beberapa rekomendasi novel sejarah yang akan membuatmu belajar sejarah lebih banyak lagi.

Simak terus, ya!

BACA JUGA Novel Sejarah Legendaris, Ini Urutan Baca 4 Novel Tetralogi Buru Karya Pramoedya

Concrete Rose Karya Angie Thomas

Jika kamu pecinta sejarah sekaligus orang yang tertarik dengan isu hak asasi manusia, maka rekomendasi novel sejarah yang satu ini akan sangat cocok denganmu. Kamu bisa belajar sejarah sekaligus melihat bagaimana hak asasi manusia dihargai dalam periode sejarah tersebut.

Concrete Rose merupakan novel karya penulis Amerika Serikat bernama Angie Thomas. Novel sejarah yang satu ini merupakan prekuel dari novel yang berjudul The Have U Give yang dirilis oleh Angie Thomas sekitar tiga tahun sebelum Gerakan Black Life Matter.

Novel The Hate U Gave menjadii salah satu ikon dalam Gerakan kesetaraan hak untuk warga kulit hitam Amerika Serikat. Sedangkan novel Concrete Rose bercerita tentang tokoh protagonis yakni ayah Starr atau yang bernama Maverick.

Pada tahun 90-an, Maverick masih berada di usia yang muda dan dia menyaksikan langsung bagaimana diskriminasi ras terjadi di tahun tersebut.

The Four Winds Karya Kristin Hanah

Sama berkualitasnya dengan buku non-fiksi yang mayoritas berisi fakta, novel yang satu ini juga sangat kaya akan fakta dan sangat tepat untuk menjadi media belajar sejarah untukmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: