7 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Pahami Pula Efek Sampingnya

Minggu 31-12-2023,20:52 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, manfaat lobak putih untuk kesehatan luar biasa. Meski demikian, pahami pula efek sampingnya agar tidak membahayakan diri kita, sehingga kita bisa mengonsumsinya dengan bijaksana.

Sayuran lobak putih selain diolah menjadi berbagai olahan masakan yang nikmat, juga dijadikan obat lantaran kandungan nutrisinya yang luar biasa, seperti kalsium, magnesium, potasium, dan tembaga.

Lobak putih juga memiliki kandungan vitamin C. Vitamin ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. 

Tak hanya vitamin C, lobak putih juga memiliki kandungan vitamin B. Vitamin ini bagus untuk perkembangan sel darah merah dan pertumbuhan sel.

Baca juga:9 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Mengurangi Risiko Diabetes hingga Mencegah Rambut Rontok

Berikut ini lima di antara manfaat lobak putih untuk kesehatan:

1. Meredakan sakit tenggorokan dan demam

Dengan kandungan berbagai macam mineral dan vitamin C, lobak putih dipercaya oleh pengobatan tradisional Tiongkok dapat mengobati sakit tenggorokan. Lobak putih juga sering digunakan untuk menangani demam, gangguan empedu, dan peradangan.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lobak putih untuk kesehatan lainnya ialah dapat menurunkan risiko kanker. Pasalnya, lobak putih memiliki kandungan antioksidan yang berperan melawan berbagai dampak buruk dari radikal bebas, termasuk untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Baca lagi:3 Cara Membuat Masker Lobak Putih untuk Memutihkan Wajah, Bikin Wajah Sehat Bernutrisi

Kandungan isotiosianat dalam lobak putih juga dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker, serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan kandungan antioksidan dan vitamin C, lobak putih bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4. Membuang racun dan melindungi hati

Kategori :