9 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Mengurangi Risiko Diabetes hingga Mencegah Rambut Rontok

9 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Mengurangi Risiko Diabetes hingga Mencegah Rambut Rontok

Sayuran lobak putih kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat lobak putih untuk kesehatan cukup banyak, diantaranya mengutangi risiko diabetes, meningkatkan fungsi hati, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan kulit hingga mencegah rambut rontok.

Rasa lobak putih yang renyah kerap dijadikan bahan urap. Selain itu, lobak putih juga lezat jika dimasak menjadi sup, steam, spring rolls, lobak putih asam manis dan aneka olahan makanan lainnya.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya yang tinggi. Lobak putih kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin E, A, C, B6, dan K. 

Lobak putih juga memiliki kandungan seng, serat, fosfor, potasium, magnesium, tembaga, kalsium, besi, dan mangan. Semua itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca juga:Atasi Asam Urat dan Asam Lambung, Berikut 14 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Tak hanya itu, lobak putih ternyata juga kaya akan sejumlah antioksidan yang baik bagi kesehatan. Diantaranya katekin, pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya.

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya, berikut ini manfaat lobak putih untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi risiko diabetes

Lobak putih dapat mengurangi risiko diabetes, sebab memiliki kandungan senyawa kimia seperti glucosinolate dan isothiocyanate. Senyawa kimia ini dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

Baca lagi:5 Efek Samping Makan Petai, Penderita Asam Urat Wajib Baca

Produksi adiponektin alami tubuh juga meningkat dengan mengonsumsi lobak putih. Hormon ini dapat membantu melindungi terhadap resistensi insulin. Bahkan, lobak juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah diabetes, yakni koenzim Q10. 

2. Peningkatan fungsi hati

Manfaat lobak putih untuk kesehatan kedua meningkatkan fungsi hati. Dengan kandungan indole-3-carbinol dan 4-methylthio-3-butenyl-isothiocyanate, lobak putih membantu detoksifikasi hati dan menyembuhkannya dari kerusakan. Senyawa ini juga membantu ginjal membuang racun.

3. Menjaga kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: