Anak Nangis saat Tidak Diberi HP? Begini Tips dr Aisah Dahlan untuk Mengatasi Anak Tantrum Karena Gadget

Jumat 02-02-2024,15:45 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

Beliau menambahkan, "Tapi jika dari awal kita selalu menyodorkan gadget atau HP kepada anak, ketika kita mencoba mengalihkannya pada bukan gadget, tidak akan mempan, karena belum terbiasa."

2. Memperbanyak Aktivitas Seru Non Gadget

Kemudian, untuk mengatasi anak yang mungkin sudah mengenal gadget, dan menangis saat tidak dituruti, dr Aisah memberi tips untuk memperbanyak jenis permainan atau aktivitas lain.

"Adapun saya, sewaktu anak-anak sudah mulai banyak bermain gadget, di rumah saya coba memperbanyak permainan-permainan tradisional, beli congklak, beli karambol, beli bola basket, dan saya perbolehkan bermain basket di rung tamu. Kalau perlu beli gawang lalu ditaruh di ruang tamu."

BACA JUGA:Beda Zaman Beda Cara Didiknya, Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan tentang Cara dalam Mendidik Anak Generasi Z

Beliau kemudian menjelaskan, bahwa cara ini bertujuan agar anak dalam sisa waktu 24 jam setelah dikurangi waktu tidur, ada waktu yang fokusnya bermain non gadget. Jadi pengalihan waktu yang dimiliki anak di luar rutinitas pokok bukanlah pada gadgetnya.

Untuk mengatasi masalah anak tantrum akibat tidak diberi gadget memang sangat melibatkan kreativitas sebagai orang tua dalam memberi pendampingan dan memberi alternatif aktivitas lain pada anak.

Demikianlah tips dr Aisah Dahlan untuk mengatasi anak tantrum karena gadget. Jika tips tersebut dijalankan dengan optimal, insyaAllah anak tak akan lagi menangis ketika tidak diberi HP. (*)

Kategori :