Ciri-ciri Orang yang Bahagia Menurut Islam, Apa Kamu Pernah Merasakannya?

Minggu 11-02-2024,02:00 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Inilah ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam. Apa kamu pernah merasakan ciri-cirinya?

Semua orang sudah pasti menginginkan kebahagiaan. Tidak jarang mereka selalu memburunya. Bahkan, mereka menempuh berbagai jalan agar bisa bahagia. 

Kebahagiaan atau ketidakbahagiaan adalah ketetapan dari Allah subhanahu wa taala. Semua orang akan merasakan kebahagiaan ataupun sebaliknya. 

Semua itu datang silih berganti, pasang surut, atau seperti pergantian antara siang dan malam. Oleh karena itu, kita selalu diminta untuk menyikapi semuanya dengan baik. 

Menurut Islam, kalau kita merasakan ciri-ciri ini, kita adalah orang-orang yang berbahagia. Apa saja ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam? Simak artikel ini, ya. Berikut ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam. 

1. Rida dengan Segala Pemberian Allah Subhanahu wa Taala

Ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam yang pertama adalah rida dengan segala pemberian Allah subhanahu wa taala. 

Orang yang selalu rida dengan segala pemberian Allah biasanya memiliki sifat qanaah. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki sifat qanaah akan merasa tidak cukup, selalu merasa kurang, sehingga hidupnya tidak bahagia. 

Sikap qanaah bisa berupa sabar, tidak mengeluh, ikhlas, dan tidak berburuk sangka dengan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah subhanahu wa taala. Seperti dalam QS. Al Baqarah ayat 265 yang berbunyi

وَمَثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمُ ٱبْتِغَآءَ مَرْضَاتِ ٱللَّهِ وَتَثْبِيتًا مِّنْ أأَنفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍۭ بِرَبْوَةٍ أَصَابَهَا وَابِلٌ فَـَٔاتَتْ  أُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ 

فَإِن لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: "Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari rida Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah: 265). 

BACA JUGA:Ingin Bahagia Setiap Hari? Begini 7 Tips dan Trik Sederhana agar Bahagia

BACA JUGA:5 Cara Bahagia Menurut Islam, Nomor 3 Sangat Penting, Sudah Kamu Lakukan Belum?

2. Memperoleh Keberkahan Rezeki yang Halal

Kategori :