Ciri-ciri Orang yang Bahagia Menurut Islam, Apa Kamu Pernah Merasakannya?

Minggu 11-02-2024,02:00 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Ainul Atho

Ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam selanjutnya adalah orang yang memperoleh keberkahan rezeki yang halal. 

Rezeki yang halal dan berkah bisa membuat hidup kita lebih bahagia dan tenang. Hal ini juga dijelaskan dalam QS. Ath-Thalaq ayat 3.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Artinya: "Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaaq: 3). 

3. Merasakan Indahnya Beribadah Kepada Allah Subhanahu wa Taala

Merasakan indahnya atau manisnya beribadah kepada Allah subhanahu wa taala adalah ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam selanjutnya. Hal tersebut telah dijelaskan dalam hadist, yaitu 

ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ، مَنْ كَانَ اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُـحِبَّ الْمَرْءَ لَا

يُحِبُّهُ إِلَّا لِلهِ، وَأَنْ يَكْرَهَ  أَنْ يَعُوْدَ فِـي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللهُ مِنْهُ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِـي النَّارِ.

Artinya: "Ada tiga perkara yang apabila perkara tersebut ada pada seseorang, maka ia akan mendapatkan manisnya iman, yaitu (1) barangsiapa yang Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) apabila ia mencintai seseorang, ia hanya mencintainya karena Allah, (3) Ia benci untuk kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkannya sebagaimana ia benci untuk dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Al-Bukhari No. 16). 

BACA JUGA:4 Resep Hidup Bahagia dan Sehat dari Rasulullah, Nomor 2 Sering Dilupakan

BACA JUGA:Inilah 7 Kunci Hidup Bahagia, Kunci Nomor 3 Sangat Penting, Sudah Kamu Terapkan Belum?

4. Memperoleh Pertolongan dari Allah Subhanahu wa Taala

Ciri-ciri orang yang bahagia menurut Islam selanjutnya adalah memperoleh pertolongan dari Allah subhanahu wa taala. 

Pertolongan dari Allah subhanahu wa taala bisa berbentuk banyak hal yang mungkin saja kita tidak menyadarinya. Itulah mengapa kita selalu diminta untuk bersyukur dan mengingat Allah. 

Lalu bagaimana agar kita bisa mendapat pertolongan Allah? Berikut penjelasannya dalam QS. Muhammad ayat 7. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

Kategori :