Fresh Graduate Tak Banyak Tahu! Ini 7 Kalimat yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja, Bisa Dinilai Buruk

Sabtu 24-02-2024,13:10 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Salah satu trik agar bisa lolos interview kerja adalah dengan memperhatikan beberapa kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja.

Sebab, jika mengucapkannya, besar kemungkinan kamu akan dinilai buruk oleh perekrut.

Tidak menutup kemungkinan pula, mengatakan kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja tersebut bisa membuatmu kesulitan di kemudian hari, termasuk saat sudah diterima kerja.

Oleh karenanya, artikel ini akan menghadirkanmu beberapa kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja. Yuk, baca sampai akhir dan jadikan pedoman dalam perjalanan karier di hidupmu!

BACA JUGA Anti Nganggur Habis Lulus! Pelajari 5 Strategi Networking untuk Fresh Graduate, Miliki Peluang Kerja yang Luas

Saya belum cukup berpengalaman, tetapi …

Para fresh graduate sangat sering mengucapkan kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja satu ini. Sebagai seseorang yang baru saja lulus kuliah, mungkin kamu hanya ingin bersikap jujur dengan mengatakan hal ini.

Akan tetapi, ini bukanlah hal yang tepat. Alih-alih menilaimu sebagai seseorang yang jujur, pewawancara besar kemungkinan justru akan mengartikan bahwa kamu bukan karyawan yang baik atau tidak cocok di bagian yang sedang membuka lowongan.

Dibandingkan berkata demikian, akan lebih baik jika kamu fokus menjabarkan kekuatanmu, tawarkan keterampilanmu yang dapat membantu perkembangan perusahaan tempatmu melamar.

Dengan begitu, perekrut akan melihatmu sebagai pelamar kerja yang potensial meski di dalam CV tertulis belum banyak pengalaman profesional yang kamu miliki.

BACA JUGA 5 Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate, Tarik Hati Recruiter Meski Belum Berpengalaman!

Informasi tersebut sudah termuat di CV saya

Meski kamu sudah menulis secara lengkah latar belakangmu di CV, terkadang perekrut ingin mengulik hal-hal tertentu tentang dirimu lebih dalam lagi.

Itu sebabnya, tidak menutup kemungkinan pewawancara akan menanyakan sesuatu yang sudah kamu informasikan di CV maupun formulir pendaftaran kerja.

Dalam situasi tersebut, jangan sekali-kali kamu mengatakan kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja berupa, “Informasi tersebut sudah ada di CV”, dan yang sejenisnya. Ini hanya akan membuatmu terlihat buruk di depan perekrut.

Kategori :