Fresh Graduate Tak Banyak Tahu! Ini 7 Kalimat yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja, Bisa Dinilai Buruk

Sabtu 24-02-2024,13:10 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Lebih baik, cobalah untuk mengelaborasi informasi tersebut dan menceritakan sesuatu secara lebih mendetail. Kamu bahkan bisa menggunakan kesempatan ini untuk menonjolkan pengalaman dan kemampuanmu.

BACA JUGA Bisakah Daftar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Fresh Graduate Perlu Tahu 5 Hal Ini

Saya ingin membangun bisnis sendiri sesegera mungkin

Mungkin, bekerja di sektor formal bukanlah tujuan utamamu. Bisa jadi kamu mencari pekerjaan formal sebagai bentuk persiapan diri sebelum membuka bisnis mandiri.

Meski itu kenyataannya, akan menjadi suatu bumerang jika kamu mengungkapkan hal tersebut secara gamblang di depan pewawancara.

Jika diucapkan, alimat yang harus dihindari saat wawancara kerja ini akan membuat pewawancara cenderung tidak ingin mempertimbangkanmu.

Mereka tentu akan berpikir bahwa kamu tidak memiliki komitmen yang besar terhadap perusahaan dan bisa sewaktu-waktu meninggalkan perusahaan untuk bisnis yang kamu rintis.

Terlalu perfeksionis adalah kelemahan dalam diri saya

Pewawancara terkadang tidak hanya penasaran dengan kelebihanmu, tetapi juga kekurangan dalam dirimu. Mereka ingin tahu apakah kamu menyadari kekuranganmu dan bagaimana kamu bisa mengendalikannya agar tidak mengganggu dalam pekerjaan.

Untuk menjawab pertanyaan tentang kekurangan, ada satu kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja, yakni mengatakan bahwa kekuranganmu adalah menjadi terlalu perfeksionis.

Ini merupakan pernyataan yang sangat klise. Lebih baik kamu jujur dengan kekuranganmu yang sebenarnya. Akan lebih baik jika kamu turut menceritakan bagaimana kamu akan mengatasi hal tersebut dalam dunia kerja.

BACA JUGA 6 Tips Peka dalam Komunikasi dengan Pasangan untuk Menjaga Hubungan Terhindar dari Kehancuran

Saya akan melakukan apa pun dalam pekerjaan ini

Jika didengar sekilas, kalimat yang harus dihindari saat wawancara kerja bisa dimaknai bahwa kamu siap berkolaborasi dan mempelajari apa saja di perusahaan incaranmu.

Namun, di satu sisi juga dapat menggambarkan bahwa kamu adalah orang yang akan tidak fokus dan tidak tahu apa yang akan kamu kerjakan di perusahaan tersebut.

Alih-alih, carilah kalimat yang setipe dengan pernyataan ini, tetapi tidak menggambarkan bahwa kamu bukan orang yang tidak bisa fokus dan justru mengetahui apa saja kemampuanmu untuk membantu berkembangnya perusahaan.

Kategori :