4 Sebab Fresh Graduate Tidak Lanjut Usai Interview Kerja, Salah Satunya Nggak Percaya Diri di Depan Recruiter!

Senin 26-02-2024,03:15 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Wawancara bukanlah akhir dari proses pendaftaran kerja, bahkan beberapa hal bisa menjadi sebab fresh graduate tidak lanjut usai interview kerja dan berakhir gagal mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan.

Jika kamu merupakan fresh graduate yang pernah gagal dalam proses wawancara atau yang akan menghadapi wawancara kerja, maka berikut akan disajikan kepadamu beberapa sebab fresh graduate tidak lanjut usai interview kerja.

Yuk, simak apa saja sebab fresh graduate tidak lanjut usai interview kerja tersebut agar kamu bisa menghindarinya!

BACA JUGA 4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

Tidak percaya diri dan gugup

Hal pertama yang menjadi sebab fresh graduate tidak lanjut usai interview kerja adalah sikap tidak percaya diri di hadapan perekrut. Memang, rasa percaya diri dan gugup merupakan hal yang wajar, terlebih bagi orang yang baru lulus kuliah dan belum berpengalaman dalam hal ini.

Akan tetapi, bukan berarti kedua hal ini dibiarkan begitu saja dan berakhir mengalahkan pemiliknya. Sebab, ini akan menjadi persoalan besar terhadap hasil dari proses wawancara.

Jika kamu dari awal wawancara sudah terihat  gelagapan, gugup, tidak percaya diri dengan jawaban yang kamu berikan, kamu mungkin tidak begitu dipertimbangkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

BACA JUGA Mengasah Kemampuan Public Speaking: Kunci Kesuksesan Berbicara di Depan Umum

Menampilkan etika yang buruk

Umumnya, etika menjadi patokan bagi seseorang untuk menilai orang lain. Menjadi hal yang wajar ketika kemudian etika yang buruk menjadi sebab fresh graduate tidak lanjut usai interview kerja.

Pelamar yang tidak bisa menjaga pola perilaku, tindakan, ucapan, pakaian, hingga kedisiplinan waktu akan meninggalkan kesan yang buruk di mata pewawancara. Karena para interviewer akan selalu memperhatikan perilaku, cara berpakaian, caramu berbicara hingga ketepatan waktu saat kamu memenuhi undangan mereka.

Jika kamu ingin bisa lanjut dan tidak hanya berhenti di tahap wawancara, maka penting bagimu untuk menjaga sikapmu dalam proses ini.

BACA JUGA Fresh Graduate Jangan Mau Dirugikan! Ini 6 Hal di Lingkungan Kerja yang Tidak Seharusnya Diwajarkan

Tidak menguasai informasi tentang posisi dan profil perusahaan

Kategori :