Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar Sabet ADLG Award 2024, Ini Raihan Prestasinya

Jumat 02-08-2024,18:22 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar, raih peringkat pertama penghargaan ADLG Award Tahun 2024 Kategori Governance, di Jakarta Convention Center, Kamis, 1 Agustus 2024. 

Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) berikan Penghargaan Digital Leadership Government atau ADLG Award sebagai wujud apresiasi terhadap kepemimpinan Sekretaris Daerah dengan kinerja digital terbaik yang mendorong percepatan transformasi pelayanan secara digital. 

Sekda Yulian Akbar mengatakan, penghargaan peringkat pertama diserahkan oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Restuardy Daud, mewakili Menteri Dalam Negeri RI dalam acara Digital Transformation Indonesia Converence and Expo yang digelar di Jakarta Convention Center.  

Dalam sambutannya, Dirjen Bangda menyampaikan, penganugerahan ADLG Award bagi para Sekda diharapkan dapat mendorong implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mewujudkan sistem pemerintahan republik yang terpadu dan menyeluruh, serta mencapai kerja birokrasi yang lebih sistematis.

Baca juga:Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar Masuk 3 Besar Nasional Nominator ADLG Award 2024

Kemendagri sangat mengapresiasi para Sekretaris Daerah atas terobosan, pemikiran, dan inovasinya dalam mendorong percepatan tranformasi digital di daerah. Era digital yang serba cepat termasuk di sektor pemerintahan, membawa dampak terhadap cara bekerja, berkomunikasi, dan berinteraksi. 

"Ini menjadi tuntutan, tantangan sekaligus kebutuhan kita dalam menjalankan tugas sehari-hari," kata Restuardy Daud, saat menyerahkan Penghargaan ADLG Award 2024.

Sebelumnya, Ketua ASKOMPSI Muhammad Faisal, menyampaikan, dengan pemberian penghargaan ini, berharap lebih banyak Sekda yang menularkan virus digitalisasi ke pemerintah daerah. "Karena kami hanya memfasilitasi, yang menilai adalah para pakar dan akademisi," kata dia.

Penghargaan ADLG 2024 diberikan kepada Sekda Kabupaten Pekalongan sebagai koordinator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memiliki inisiasi dan inovasi dalam implementasi transformasi digital di daerahnya.

"Alhamdulillah, menjadi peringkat pertama untuk kategori Sekretaris Daerah Kabupaten," katanya.

Untuk peringkat kedua, Achmad Washil Miftahul Rachman, Sekda Kabupaten Gresik, dan peringkat ketiga Sekda Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto. 

Ditambahkan Yulian, para pemenang ADLG Award 2024 dipilih melalui seleksi ketat yang mencakup proses registrasi, penilaian dokumen kerja dan data dukung, paparan dan wawancara, serta visitasi atau tinjauan lapangan kepada kandidat pemenang. 

"Meskipun di tengah keterbatasan anggaran dan kuantitas SDM yang ada, jajaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan terus mengupayakan transformasi digital di Kota Santri ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," jelasnya.

Hal ini menjadi tantangan dan tuntutan bagi Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk dapat terus beradaptasi dalam memberikan inovasi dan loncatan yang pesat dalam sistem teknologi guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan. 

Kategori :