Jelang Pendaftaran Pilkada Serentak 2024, Badan Adhoc KPU Kabupaten Pekalongan Perkuat Soliditas

Minggu 18-08-2024,19:49 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Jelang pendaftaran Pilkada serentak 2024 yang tinggal itungan hari, KPU Kabupaten Pekalongan perkuat soliditas badan adhoc penyelenggara Pilkada serentak 2024. 

Penguatan soliditas itu dilaksanakan melalui Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Kelembagaan Badan Ad Hoc dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 di Lapangan New Coral Karanganyar, Minggu, 18 Agustus 2024.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Laelatul Izah, mengatakan, KPU Kabupaten Pekalongan melakukan rapat koordinasi dalam hal peningkatan kapasitas dan kelembagaan badan adhoc se-Kabupaten Pekalongan. Rakor ini untuk mempersiapkan Pilkada serentak 2024.  

"Kita bangun soliditas kelembagaan agar semakin kuat dengan kegiatan ini," kata dia. 

Peserta rakor ini ialah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pekalongan. 

"Karena ini berkaitan dengan kelembagaan mereka, jadi dalam satu tim untuk mempereratkan mereka dalam bekerja. Salah satunya dengan peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan," ujar Laelatul Izah. 

Baca juga:Rapat Pleno DPS KPU Kabupaten Pekalongan, Total Pemilih di Kabupaten Pekalongan 736.578

Tujuan utama rakor itu agar mereka bisa membangun tim work yang kompak, kuat dan solid.

"Intinya itu di situ, karena memang KPU ini adalah tim work bukan sendiri-sendiri," katanya. 

"Mereka PPK ada lima orang dengan divisi-divisi yang punya leading sektor masing-masing tapi seluruh tahapan itu dikerjakan berlima. Ini yang kemudian ingin kita bangun tim work ini bekerja dengan baik dan solid. Ini salah satu cara kami untuk mensolidkan mereka untuk mensukseskan Pilkada 2024," ujarnya.

Disinggung persiapan pendaftaran calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2024, ia menyebut untuk persiapannya KPU sudah koordinasi dengan stakeholder terkait. KPU juga sudah sosialisasi berkaitan dengan pencalonan. 

"Yang jelas, kita nanti menunggu hari H akan menyiapkan tempat, kita akan siapkan juga petugas-petugasnya, sehingga saat pelaksanaan pendaftaran bisa berjalan dengan baik," katanya. 

KPU juga mempersiapkan diri jika nanti saat pendaftaran kemungkinan yang datang tidak hanya calonnya saja. Namun kemungkinan dari partai politik pengusung dan pendukungnya akan hadir. "Kita butuh persiapan untuk menyambut mereka," tandasnya.

Ditanya apakah ada pihak-pihak yang sudah melakukan komunikasi terkait pendaftaran, ia mengatakan ada beberapa LO yang mulai berkomunikasi. LO ini menanyakan seputar pemberkasan calon saat pendaftaran. 

"Karena biasanya berkas-berkas yang harus dipenuhi sangat banyak dan pada waktu pendaftaran itu dipastikan berkas-berkas yang harus ada itu lengkap hari itu," ujar dia.

Kategori :