Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Pekalongan Gelar Latihan Sispamkota, Antisipasi Kerusuhan saat Pilkada

Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Pekalongan Gelar Latihan Sispamkota, Antisipasi Kerusuhan saat Pilkada

Polres Pekalongan menggelar latihan Sispamkota (Sistem Pengamanan dalam Kota) di depan KPU Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID – Sebagai kesiapan menghadapi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Polres Pekalongan menggelar latihan Sispamkota (Sistem Pengamanan dalam Kota).

Latihan Sispamkota ini dilakukan guna menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif di wilayah Kabupaten Pekalongan selama gelaran Pilkada serentak 2024.

Kegiatan ini melibatkan ratusan personel. Dilangsungkan di Jalan Mandurorejo, tepatnya di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan, Sabtu, 10 Juli 2024. 

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Pekalongan AKBP Doni Prakoso Widamanto, beserta pejabat utama Polres Pekalongan dan juga seluruh anggota yang terlibat dalam latihan Sispamkota.

Kapolres Pekalongan AKBP Doni Prakoso menyampaikan, latihan Sispamkota ini merupakan satu bagian penting dari antisipasi gangguan kamtibmas dan untuk memantapkan kesiapan personel Polri dalam mengamankan proses Pilkada 2024. 

Baca juga:Sholat Jumat Bersama Warga Desa Bligorejo, Kapolres Pekalongan Tekankan Ini

Selain itu, latihan tersebut juga bertujuan para personel Polri tetap terlatih sehingga saat dibutuhkan sudah dalam kondisi siap siaga.

"Latihan ini bukan hanya saat dalam pelaksanaan pemilu saja, namun hal itu sebagai kebiasaan atau rutinitas agar anggota Polri selalu dalam kondisi siaga dan terlatih," tutur Kapolres Pekalongan.

Dalam latihan ini, para personel dilatih dan dibekali pengetahuan tentang penanganan massa dan pengendalian kerusuhan dalam situasi mendekati nyata jika terjadi kerusuhan.

"Kedepannya kegiatan latihan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, hal ini untuk meningkatkan kemampuan para personel Polres Pekalongan guna menjaga kondusivitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Pekalongan," terang Kapolres Pekalongan.

Kapolres Pekalongan menegaskan, pihaknya akan berupaya secara maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: